4/23/17

Keren, Ketua DPRD Pesawaran Dianugerahi Gelar Oleh Keraton Surakarta Hadiningrat

Loading...

Pesawaran - Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran Lampung, M. Nasir baru saja mendapat gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT atau Kriyonegoro dalam bahasa Jawa) oleh Keraton Surakarta Hadiningrat.

Gelar kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Raja Surakarta Hadiningrat Pakoeboewono XIII dalam acara wisuda prosesi pelantikan gelar di ruang Ndalem Kalitan Keraton Surakarta Solo, Junat (21/4) malam.

Gelar kehormatan tersebut selalu diberikan kepada pemimpin yang selalu berkarya untuk kemajuan, kemakmuran negeri dan rakyatnya. Juga kepada pemimpin yang selalu menjaga keberagaman, adat dan budaya.

M. Nasir yang juga sebagai ketua umum KONI Pesawaran itu menyatakan rasa bangga atas anugerah yang diberikan oleh Keraton Surakarta. Ia menjalani sebuah ikrar dan sumpah untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat, serta menjaga nama baik Keraton Surakarta.

"Saya merasa terhormat menerima anugerah gelar Kanjeng Raden Tumenggung ini. Tapi ini merupakan gelar yang bukan hanya terhormat, tapi juga memiliki tanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Saya berharap dengan gelar ini, saya bisa lebih semangat dan amanah," kata M.Nasir.

Prosesi penyerahan berlangsung sangat sakral dengan memakai busana beskap lengkap bak seorang pangeran. Saat upacara itulah, para penerima anugerah menjalani ikrar dan sumpah.

Usai penganugerahan, keesokan harinya, Sabtu (22/04) dilaksanakan jamuan silahturahmi dengan Raja Keraton Solo di Sasana Wilapa Keraton. Para tamu mendapat kesempatan berkeliling Keraton Surakarta Hadiningrat.

Perlu diketahui, gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT atau Kriyonegoro, dalam bahasa Jawa) merupakan gelar kehormatan untuk pemimpin yang selalu berkarya demi kemajuan, kemakmuran negeri dan rakyatnya. Juga kepada pemimpin yang selalu menjaga keberagaman, adat dan budaya. 



(Agung/KN)









Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.