4/21/17

PESAWARAN MENGGELAR MTQ PERDANA TK PROVINSI LAMPUNG

Loading...

Pesawaran, Lampung - Pesawaran patut berbangga karena Kabupaten Pesawaran merupakan Kabupaten Muda yang telah mendapat kepercayaan untuk mengelar acara akbar MTQ tingkat Provinsi yang di hadiri oleh kafilah kabupaten Kota se-Provinsi Lampung yang juga di meriahkan oleh Ustad Subki al Bukhuri. 

Bupati pesawaran H. Dendi Ramadhona menucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Lampung yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaannya kepada Kabupaten Pesawaran, sehingga menjadi tuan rumah pada pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Ke-45 tahun 2017 sesuai dengan Keputusan Rapat kerja Daerah (RAKERDA) XII Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Lampung tanggal 26 Februari 2016, tentang penetapan Kabupaten Pesawaran sebagai tempat penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Tingkat Provinsi Lampung ke-45 Tahun 2017.
 
Sebelum Pembukaan MTQ secara resmi pada jumat malam Pemkab Pesawaran telah melakukan beberpa kegiatan untuk memberikan warna antara lain Malam Taaruf atau malam silaturahmi semua kafilah pada hari kamis malam, pelantikan dewan hakim hari jumat pagi, Pawai taaruf dan karnaval yang dilepas oleh Wakil Bupati Pesawaran yang juga diikuti oleh seluruh kabupaten Kota se-Prov Lampung serta OPD di Lingkup Pemkab Pesawaran, start di Lapangan Pemda Kab. Pesawaran finish di Islamic Center dan ditutup dengan pameran produk unggulan Lampung oleh dekranasda kab. Pesaawaran bersama dekransda se-Prov Lampung. 
 
Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-45 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017 bertemakan " MELALUI MTQ KITA BANGUN MASYARAKAT YANG AGAMIS HARMONIS DAN SEJAHTERA " bertujuan untuk Meningkatkan motivasi dalam mengamalkan kandungan Al-Qur'an, Sebagai ajang kompetisi dan uji prestasi hasil pembinaan Qori dan Qoriah yang dilakukan di Kabupaten / Kota se-Provinsi Lampung, Untuk mendapatkan bibit-bibit potensial dan berprestasi guna dipersiapkan mengikuti event MTQ Nasional atau STQ Tingkat Nasional, Terjadinya ukhuwah Islamiah untuk menuju masyarakat madani di Kabupaten Pesawaran, Terwujudnya masyarakat Islam yang Qur’ani guna menggapai kebahagiaan yang hakiki dalam duniawi dan ukhrowi.
 
Peserta Qori, Qoriah dan Official yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTO) ke-45 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017 berasal dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung sebanyak 1125 Peserta dengan peserta terbanyak dari Kabupaten Lampung Utara sebanyak 89 Kafilah dan yang paling sedikit Kabupaten Lampung Tengah Sebanyak 62 Kafilah. 
 
Kegiatan tersebut akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia yang dalam hal ini diwakili oleh Prof. DR. Muhammadiyah Amin, MA. Selaku Ketua Umum LPTQ Pusat/ Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Anggota DPR RI Bapak H. Zulkifli Anwar, Gubernur Lampung Ridho Ficardo, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal, Kapolda Lampung, Para Bupati dan Walikota se-Provinsi Lampung, Jajaran Forkopimda Plus Provinsi Lampung,  Kepala Kantor Kementerian Agama Prov. Lampung, Ketua LPTQ Provinsi Lampung hadir dalam perhelatan akbar MTQ ke 45 Tingkat Provinsi Lampung Di Islamic center Kabupaten Pesawaran, Jumat(21/4/2017). 

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dilaksanakan pada tanggal 20 April 2017 s.d 27 April 2017 di Islamic Center Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran dengan CABANG YANG DILOMBAKAN : 
 
1. Cabang Tilawatil Qur’an : 
a. Golongan Tartil Qur’an : Putra dan Putri
b. Golongan Kanak-kanak : Putra dan Putri
c. Golongan Remaja : Putra dan Putri
d. Golongan Dewasa : Putra dan Putri
e. Golongan Cacat Netra : Putra dan Putri
f. Goloongan Qira'at Saba'ah : Putra dan Putri
2. Cabang Hifzhil Qur'an : 
a. Golongan 1 Juz dan Tilawah : Putra dan Putri
b. Golongan 5 Juz dan Tilawah : Putra dan Putri
c. Golongan 10 Juz : Putra dan Putri
a. Golongan 20 Juz : Putra dan Putri
b. Golongan 30 Juz : Putra dan Putri
3. Cabang Tafsiril Al-Qur’an :
a. Golongan Bahasa Arab Juz VII (Tujuh) Putra dan Putri
b. Golongan Bahasa Indonesia Juz XIII (Tiga belas) Putra dan Putri
4. Cabang Fahmil Qur’an Putra/Putri.
5. Cabang Syarhil Qur’an Putra/Putri atau campuran.
6. Cabang Khottil Quran
a. Golongan Penulisan Buku : Putra dan Putri
b. Golongan Dekorasi  : Putra dan Putri
c. Golongan Hiasan Qur’an  : Putra dan Putri
d. Golongan Kontemporer.
 
Saya ucapkan terimaksih kepada masyarakat dan Bupati karena kompak membantu terlaksananya MTQ se-Provinsi Lampung, ujar Gubernur Ridho
 
"MTQ harus terus dilaksanakan walau apapun rintanganya, kali ini di pesawaran kita di kenalkan dengan teknologi baru. Ini bisa menjadi acuan agar MTQ selanjutnya bisa sama bahkan lebih baik lagi. Ini merupakan Even dakwah yang efektif, saya berharap kepada kafilah agar dapat menunjukan kemampuanterbaik sehingga hasil MTQ ini bisa menjadi kebnaggaan di tingkat nasional. MTQ juga menjadi sarana pembangunan manusia dalam segi kerohanian sehingga akan meminimalisir segala pnyimpangan yang terjadi di masyarakat," terang Ridho Ficardo.
 
Terkait pembinaan masyarakat muslim pemprov telah dan akan terus memberikan bantuan terhadap ponpes dan rumah rumah ibadah. Bntuan kepada saudara kita yang menjadi marbot, adik kita yang yatim piatu dan umroh.
 
"Yang menjadi Juara akan mendapat bonus umroh dari pemprov," kata gubernur lampung.
 
"Mari kita sama-sama terus memperjuangkan Lampung menjdi embarksi haji sehingga perjalanan haji dan umroh bisa langsung dari lampung tidak perlu ke Jakarta," tambah Gubernur Ridho.
 
Pesawaran merupakan Kabupaten yang berbatasan dengan ibu Kota Bandar Lampung sudah menjadi pilihan sebagai halaman depan dari ibu kota Provinsi lampung. Hal ini menjadi pekerjaan rumah Bupati untuk benar-benar menjadikan Kabupaten  Pesawaran halaman depan Provinsi Lampung. Kami mendukung penuh pembngunan di pesawaran," pungkasnya.



(Rilis/KN)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.