KONKRIT NEWS
10/05/17, 10.5.17 WIB
Last Updated 2017-05-10T13:28:52Z
edukasi

Darmajaya Buka Kelas Internasional dan Fast Track

Advertisement





Bandar Lampung Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan ASEAN Free Trade Area (AFTA) menjaditantangan besar bagi para lulusan perguruan tinggi untuk mampu bersaing secara internasional.


Menghadapi hal itu, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya siap membuka kelas internasional dan program fast trackmulai tahun akademik 2017/2018. Program tersebut sebagai upaya mempersiapkan lulusan berkualitas, berkompetensi, dan berdaya saing global.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset Darmajaya, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT mengatakan, Darmajaya siap membuka program international class untuk jurusan Manajemen. Karena jurusan itu telah memiliki kesiapan sumber daya manusia, khususnya tenaga dosen untuk mendelivery seluruh materi perkuliahan dalam bahasa Inggris.

Program international class Darmajaya terbuka bagi mahasiswa dalam  negeri dan luar negeri khususnya Asia Tenggara.Syarat mendaftar kelas internasional diantaranya memiliki nilai Test of English as a Foreign Language (TOEFL) 450 dan lulus proses seleksi. Pendaftara telah dibuka hingga 30 Agustus 2017.

“Kami telah menyosialisasikan program ini kepada calon mahasiswa di Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Mahasiswa dari negara tersebut memiliki minat yang cukup besar untuk kuliah di Indonesia, belajar bahasa Indonesia sejak berlakunya MEA karena melihat besarnya potensi Indonesia. Nantinya, Darmajaya juga menghadirkan dosen tamu dari mancanegara agar atmosphere internasional semakin terasa,” terangnya.

Dr. Abdul Aziz melanjutkan, nantinya, mahasiswa di kelas internasional akan didorong dan direkomendasikan untuk mengikuti program internasional seperti student mobility, Passage to ASEAN, joint research, dan lainnya. Pada saat menyusun skripsi, mahasiswa kelas internasional juga mendapat dosen pembimbing dari perguruan tinggi mitra.

“Tak hanya mendapatkan ijazah, mereka juga menjadi lulusan yang dibekali dengan sertifikasiinternasional diantaranya sertifikat microsoft office, knowledge management, dan manajemen operational. Sertifikat tersebut yang dapat menunjukkan skill (kompetensi) mereka untuk mampu bersaing secara global,” imbuhnya.

Selain membuka kelas internasional, mulai tahun akademik 2017/2018 Darmajaya juga kembali menyelenggarakan program fast track untuk semua jurusan. Melalui program ini mahasiswa bisa menyelesaikan kuliah S1 dan S2 selama 5 tahun. Dimana 3,5 tahun untuk program sarjana dengan gelar SKom atau SE, kemudian dilanjutkan 1,5 tahun untuk program Magister dengan gelar MTI atau MM.



(red/KN)