5/22/17

Berkedok Pembangunan Masjid, Rektor UIN Lampung Diduga Telah Lakukan Praktik Punglli

Loading...
Bandar Lampung - Meski berulang kali dikritisi oleh mahasiswanya, namun kebijakan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Moh. Mukri masih saja melakukan dugaan praktik Pungli berkedok pembangunan Masjid.

Setelah serangkaian aksi mahasiswa UIN beberapa waktu lalu mengkritisi kebijakan rektorat, mulai dari aksi damai, aksi mogok makan, aksi tutup mulut sampai berbuntut laporan mahasiswa ke Kejati Lampung, tak
membuat pihak rektorat gentar tetap melakukan dugaan Pungli.

Mahasiswa baru dan mahasiswa yang hendak diwisuda di UIN Raden Intan Lampung mengaku dimintai sumbangan (Infak) oleh rektorat. Sumbangan prawisuda dijadikan syarat administrasi mahasiswa yang akan diwisuda. Begitu juga Infak bagi mahasiswa baru yang akan menempuh ilmu di kampus yang baru saja bertransformasi dari Institut Agama Islam Negeri(IAIN) menjadi UIN.

“Ya. Dimintai uang Infak Rp 500 ribu,” kata salah sau kakak mahasiswa baru UIN Raden Intan Lampung, Senin(22/05/2017).

Diduga semua mahasiswa batu di UIN diwajibkan membayar Infak pembangunan Masjid Rp 500 ribu sebagai syarat untuk masuk UIN.

“Kami pernah minta keringanan ke akademik. Tapi kata akademik enggak dikasih Rektor(Kebijakan Moh. Mukri),” ucapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, untuk tahun 2017 ini, ada 5.460 mahasiswa baru yang akan mengeyam pendidikan di UIN Raden Intan Lampung dengan rincian, melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri - SPAN-PTKIN sebanyak 2.730 mahasiswa baru.

Kemudian jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri UM-PTKIN sebanyak 1.638 mahasiswa baru dan jalur Mandiri(Lokal) 1.092 mahasiswa baru, total keseluruhan 3 jalur ini 5.460 mahasiswa baru, untuk jalur PMA belum diketahui jumlahnya. Sementara Rektor UIN Raden Intan Lampung Moh Mukri enggan menjawab pertanyaan meski dikonfirmasi berulang. (Red)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.