KONKRIT NEWS
16/05/17, 16.5.17 WIB
Last Updated 2017-05-16T14:29:29Z
Daerah

Lampung dan Ekuador Jajaki Kerjasama Sister Province

Advertisement
 
Bandar Lampung - Provinsi Los Rios, Ekuador memiliki potensi yang sangat besar di sektor pertanian dan perkebunan yang dapat dimanfaatkan Provinsi Lampung, seperti pisang dan kelapa sawit, maka dengan adanya kerjasama ini dipastikan pasar pertanian dan perkebunan Provinsi Lampung akan semakin mendunia, demikian disampaikan Dubes RI untuk Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihatono saat melakukan kunjungan dengan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo di Ruang Kerja Gubernur Lampung, Selasa (16/05/2017) sore.

Kunjungan duta besar Indonesia untuk Ekuador ke Provinsi Lampung guna membicarakan rencana kerjasama Sister Province atau Kota Kembar antara Provinsi Lampung dan Los Rios, Ekuador. Sister city atau Kota Kembar merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan kerjasama budaya, perdagangan, dan kontak sosial

Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa Ekuador merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan Provinsi Lampung untuk mendapatkan knowledge dan capacity building dalam mengembangkan berbagai sektor perkebunan dari Ekuador. Dienna juga memastikan investor asal Ekuador akan langsung melakukan peninjauan terkait sektor pertanian dan perkebunan Lampung pada akhir tahun ini.

"Provinsi Los Rios adalah provinsi yang kaya akan hasil pertanian dan perkebunannya dan ini dapat dimanfaatkan oleh Lampung untuk lebih mengembangkan pasar pertanian Lampung dan sumber daya alam lainnya", ujar Dienna.

Dalam pertemuan tersebut, Dubes RI untuk Ekuador yang bertempat di Kota Quito itu memuji sosok Gubernur Lampung yang masih muda, "anak muda itu biasanya kreatif sehingga harapannya mampu mengembangkan Provinsi Lampung seperti negara-negara maju di dunia." katanya

Sementara itu Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo sangat menyambut baik peluang kerjasama ini. dalam tanggapannya, Gubernur Ridho menyampaikan, bahwa potensi pertanian dan perkebunan di Provinsi Lampung sudah sangat baik bahkan beberapa sudah diexport ke luar negeri. Bahkan saat ini sedang mengembangkan sistem pupuk online dan kedepan akan mengembangkan sistem pembibitan secara komputerisasi.

Harapan saya, Lanjut Ridho, kerjasama ini dapat menghidupkan kembali potensi-potensi asal Lampung lainnya seperti Udang dan lain sebagainya. "Yang paling penting dari setiap kerjasama antara Provinsi Lampung dengan pihak manapun akan mengahasilkan keuntungan dan manfaat bagi Provinsi Lampung terutama untuk memajukan dan menyejahterakan Provinsi Lampung", tegas Gubernur.

selain itu dengan adanya kerjasama ini, Provinsi Lampung juga bisa belajar lebih banyak keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh negara lain sehingga mampu diterapkan di Provinsi Lampung. "dengan demikian permasalahan yang ada baik disektor perkebunan, pertanian dan sektor lainnya di Provinsi Lampung dapat segera diatasi dengan belajar langsung dari Ekuador atau negara lainnya, dan ini perlu disupport oleh KBRI", pungkas Ridho.
 
(Rls/KN)