KONKRIT NEWS
31/08/17, 31.8.17 WIB
Last Updated 2017-08-31T15:48:10Z
politik

Tony Eka Candra : Momentum Idul Adha Memiliki Hikmah Sosial

Advertisement
 
Lampung - Hakekat Hari Raya Qurban adalah sebuah gambaran akan ketaatan hamba kepada Allah SWT, disertai dengan keikhlasan untuk menjalankan perintah Allah SWT. Makna lainnya ialah setiap manusia patut bersyukur manakala kita diberikan kenikmatan juga ikhlas ketika diberikan ujian dan cobaan disertai dengan senantiasa bertawakal kepada Allah SWT.

"Ibadah qurban bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan dengan menyembelih hewan qurban, dagingnya dapat dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan, dari sinilah akan terbentuk solidaritas dan kesetiakawanan sosial," ujar Ketua 'Majelis Taman Sholaya' NKRI (Majelis Tahlil, Manaqib, Sholawat dan Yasin) Provinsi Lampung, H.Tony Eka Candra, saat diwawancarai awak media, Kamis (31/8) Siang.

Selain itu juga, menurut Ketua Fraksi Partai GOLKAR DPRD Provinsi Lampung ini mengatakan, momentum Idul Adha juga memiliki hikmah Sosial karena qurban berdampak strategis bagi ikhtiar membangun kebersamaan dan pemerataan dalam kehidupan masyarakat.

"Qurban dapat dijadikan sarana membangun komunikasi, kebersamaan, keharmonisan dan kepedulian antara masyarakat mampu dengan masyarakat yang kurang mampu" ujarnya lagi. 

Perintah berqurban, mengingatkan kepada kita semua bahwa pada hakikatnya kekayaan itu hanyalah titipan Allah SWT semata. Dari sini seharusnya manusia menyadari bahwa pada harta yang dimilikinya ada hak orang lain, yang harus ditunaikan dengan cara mengeluarkan zakat, infaq, shadaqah, wakaf, termasuk berqurban. 

"Tujuan dari semua itu sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan cara mendekatkan diri kepada sesama manusia melalui ibadah qurban." ucapnya.

Setiap kali merayakan Idul Adha, kita tidak bisa lepas dari membicarakan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Hubungan antara Orang tua dan anak ini menjadi suri tauladan bagi kita semua dalam banyak hal, seperti dalam ketaatan dan kepasrahan diri kepada Allah SWT, kesabaran dan keikhlasan beribadah, serta dalam menjalani kehidupan duniawi.

"Insya Allah dalam momentum Idul Adha 1438 H tahun ini, kita semua akan menjadi umat yang senantiasa bersyukur atas karunia ALLAH SWT, serta bertawakal dan Ikhlas dalam menghadapi setiap ujian dan cobaan, serta menjadi insan pembangunan yang selalu berkarya, berbhakti dan berjuang untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara, sesuai dengan profesi kita masing-masing," harapnya.(*)