KONKRIT NEWS
23/11/17, 23.11.17 WIB
Last Updated 2017-11-23T04:51:05Z
DaerahHukum dan Kriminal

Dana Publikasi MTQ Tuba Diduga Diselewengkan

Advertisement

Tulang Bawang - Acara keagamaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ditingkat kabupaten sangatlah membutuhkan dana atau anggaran yang sangat besar agar acara tersebut bisa sukses dan lancar.

namun sangat disayangkan sekali kejadian di kabupaten Tulang Bawang pada saat menggelar Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tahun 2017 yang menggunakan anggaran (APBD) menimbulkan kekecewaan yang harus dirasakan oleh media.

Bagaimana tidak, dana Publikasi bagi media yang telah diatur melalui Anggaran pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2017 untuk kegiatan MTQ Pemerintah Tulang Bawang diduga “Lenyap” dan terindikasi ada oknum tak bertanggung jawab yang menilapnya.

Sedihnya lagi Sebagian Rekanan Awak Media yang telah melakukan peliputan kegiatan-kegiatan MTQ tersebut hanya dibayar oleh oknum Kominfo sebesar seratus ribu saja, sedangkan dana publikasi tersebut diketahui mencapai puluhan juta lebih. 

Menyikapi hal tersebut, tim media konkritnews.com langsung menelusuri kebenarannya dengan mendatangi Kabag Kesra Tulang Bawang untuk dimintai keterangan.   Saat di investigasi terkait angaran dana publikasi MTQ, Karman yang menjabat sebagai Kabag Kesra Tulang Bawang membantah dan mengaku tidak tahu terkait anggaran publikasi kegiatan MTQ itu. 

"saya tidak begitu mengetahui sepenuhnya untuk anggaran dana publikasi ini, yang saya tahu dana publikasi ini Rp.18.000.000,- itu belum dipotong pajak.  Namun yang lebih paham PPTK atau yang mebidangi ini yaitu pak Andi selaku kasubag kes sos," terang Karman kepada media, Rabu (22/11/2017).

"untuk dana publikasi kegiatan MTQ ini kami sudah percayakan kepada kominfo agar aman, bukannya menambah masalah seperti ini, dan yang mendapatkan dana publikasi ini setahu saya hanya dua media saja yang di SPJ kan,"  ungkapnya. 

Hal tersebut menjadi pertanyaan besar bagi media lain, dana puluhan juta yang telah diperuntukan untuk semua media yang ada ditulang bawang ternyata hanya dua media saja yang mendapat dana publikasi tersebut. 

Terpisah andi selaku kasubag kes sos kesra tulang bawang saat ditanya terkait angaran dana publikasi MTQ untuk media, dirinya tidak bisa menjelaskan secara mendetail  yang ada dia telpon sana telpon sini bagaikan orang yang kebingungan.

"yang saya tau untuk dua media saja dan semuanya senilai Rp.18.000.000,-. Selebihnya saya tidak tahu, karna yang ada untuk di SPJ hanya dua media. Coba kalian kompirmasi dengan kabid kominfo Herwan Hadi, karena untuk dana publikasi ini sudah diserahkan ke kabid kominfo semua," jelas Andi.

Lebih lanjut, saat akan dikompirmasi kepada kabid kominfo Tulang Bawang, dirinya tidak ada dikantor dan melalui telpon selulernya pun sudah tidak aktip lagi, sampai berita ini diterbitkan kabid kominfo tuba belum bisa dihubungi.

Atas persoalan itu,  Pihak rekanan media yang tidak mendapatkan dana publikasi meminta kepada BPK agar dapat melakukan audit di Kesra atau kominfo tuba terkait soal anggaran media untuk kegiatan MTQ yang diduga ditileb oknum yang tidak bertanggung jawab. (Novan/KN)