KONKRIT NEWS
06/11/17, 6.11.17 WIB
Last Updated 2017-11-06T09:38:25Z
Daerahpolitik

Panwaslukab Pesibar Endus Calon Panwascan Anggota Parpol

Advertisement

Pesisir Barat - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pesisir Barat mengendus ada salah satu calon anggota Panwascam terindikasi menjadi salah satu anggota partai politik (PKB). Hal ini berdasarkan laporan dari masyarakat setempat yang diterima oleh staff di sekretariatan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pesisir Barat Irwansyah menyampaikan, ada beberapa laporan dari masyrakat terkait calon anggota Panwascam di kabupatennya. Mulai dari rangkap jabatan hingga indikasi keterlibatan calon anggota di partai politik.

"Kami sangat mengharapkan peran masyarakat memberikan laporan kepada kami terkait calon anggota Panwascam ini. Kami memang sudah menerima beberapa laporan dari masyarakat seperti melalui pesan singkat dan laporan yang dikirim ke ojek," ucapnya saat diwawancarai, Senin (6/11) siang.

Menurut dia, calon anggota Panwascam yang dilaporkan masyarakat yakni berasal dari Kecamatan Lemong dan sudah diklarifikasi kepada yang bersangkutan saat tahapan wawancara.

"Kalo soal terlibat parpol kami sudah lakukan klarifikasi, demikian juga dengan rangkap jabatan. Untuk yang laporan terlibat parpol kami sudah menghubungi juga ketua PAC PKB disana (Kecamatan Lemong), meski terlapor dan ketuanya membantah tapi ini menjadi catatan kami. Kan ada bukti SK nya (surat keputsan), kami hanya meminta kejujuran terlapor saja. Untuk rangkap jabatan kami hanya meminta komitmen dia saja kalau sudah terpilih, mereka dilindungi konstitusi juga," ungkapnya.

Sebanyak 133 peserta pelamar mendaftar di Panwaskab Pesisir Barat tersebar diseluruh kecamatan. Namun hanya 132 peserta yang mengikuti tes tertulis.

"Satunya tidak lolos seleksi administrasi, belum cukup umur. Yang lainnya sudahnkita lakukan tes tertulis dan sudah diambil enam besar. Kemarin (Minggu, 5/11) kami sudah lakukan tahapan wawancara, dan hari ini masih berlangsung. Pengumuman akan kami umumkan pada Rabu (8/11)," terangnya.

Data yang diterima redaksi kami, salah satu anggota Panwascam Kec. Lemong yang terindikasi terlibat parpol adalah atas nama Riki Aditia. Hal ini sesuai dengan SK :1367/DPW-03/IV/A.I/IX/2016. Yang bersangkutan menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Tanfidz PAC PKB Kec. Lemong. (Put/KN)