KONKRIT NEWS
20/02/18, 20.2.18 WIB
Last Updated 2018-02-20T15:11:24Z
Bandar LampungDaerah

DPRD Bandar Lampung Panggil Dinas Kesehatan Terkait Penolakan Pasien

Advertisement

Bandar Lampung - Kasus penolakan pasein pelayanan kesehatan calon haji di Puskesmas Gedong Air, menjadi perhatian  DPRD Kota Bandar Lampung dengan memangil Kepala Dinas Kesehatan  dan Kepala Puskesmas Gedung Air, Selasa, (20/2/2018).

Ketua DPRD Bandar Lampung H. Wiyadi, SP. MM (PDIP) saat memimpin rapat kerja bersama Dinkes dan pihak Puskesmas Gedong Air di komisi IV mengatakan, dengan ditemukanya kasus penolakan pasien tersebut dirinya meminta Dinkes lebih meningkatkan pengawasan pelayanan kesehatan di puskesmas khususnya puskesmas Gedung Air.

“Kita minta Dinkes lebih meningkatkan lagi pengawasan pelayanan di puskes, jangan sampai kasus ini terulang lagi,” kata Wiyadi, 

Dijelaskannya, bidang kesehatan adalah salah satu program unggulan Kota Bandar Lampung, dirinya tak ingin program yang tak sedikit menelan anggaran tersebut dinodai oleh ulah oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Saya minta Dinas kesehatan kedepan mengadakan kegiatan pelatihan terhadap petugas pelayanan baik pelayanan medis maupun teknis, bukan hanya petugas di puskes Gedung Air tapi seluruh petugas pelayanan puskesmaa se- Bandarlampung ini,” tandasnya.

Wiyadi melanjutkan, dengan pelatihan tersebut diharapkan bukan hanya melayani namun juga pelayanan prosedural pelayanan kesehatan.

“Tidak semua masyarakat paham masalah pelayanan kesehatan ini. Seharusnya apabila ada pasien atau masyarakat yang datang, dilayani dulu dan diberi penjelasan bukan main tolak saja, tandas Wiyadi.

Untuk itu kita juga meminta tenaga pelayanan informasi juga diberi pelatihan sehingga memahami  tindakan apa yang dapat dilakukan ketika setiap menemui pasien.

Menanggapi hal tersebut, kepala Dinkes Kota Bandar Lampung Edwin Rusli mengatakan selama ini pihaknya sudah berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat, namun masih ada ditemukan kekurang puasan masyarakat, karena oknum-oknum, untuk itu dirinya berjanji kedepan pihaknya akan lebih meningkatkan lagi pengawasan.

“Memang tadi ditemukan ada oknum kurang ramah kurang cermat, kami sangat berterimakasih kepada DPRD telah dipanggil dalam hearing ini. Ini jadi cermin untuk pembelajaran kami sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan terutama pelayanan untuk masyarakat, memang seharusnya pelayanan itu harus lebih cepat dan lebih tanggap,”  katanya. (Red)