KONKRIT NEWS
17/03/18, 17.3.18 WIB
Last Updated 2018-03-17T10:55:03Z
Hukum dan KriminalNasionalSumatera Selatan

Rigit Beton Jembatan Senaro "Asal Jadi"

Advertisement

MUSI RAWAS - Pekerjaan pembuatan jalan rigit beton, pada Jembatan Sungai Senaro, yang terletak di Kelurahan Megang Sakti, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Musirawas, terlihat."Asal jadi", pasalnya rigit  yang baru saja selesai dikerjakan tahun kemarin sudah mengalami kerusakan berat, Sabtu (17/3/2018).

Menurut seorang perempuan paru baya, warga Rt 13 Kelurahan Megang Sakti, saat dibincangi mengatakan. Kerusakan jalan rigit tersebut diakibatkan oleh pihak Dinas terkait, sewaktu adanya pemeriksaan jalan atau waktu test pengujian yang mengunakan alat core. Lanjut dia, hanya saja kerusakan itu hingga sekarang belum ada perbaikan baik dari Dinas, maupun pelaksana.

"Kerusakan itu diakibatkan oleh alat berat dari Dinas, sewaktu tes core jalan", pungkasnya.

Pantauan dilapangan tim media Konkritnews.com, jalan rigit beton dengan panjang sekitar 100 meter, dan Lebar rigit sekitar 3,5 meter, serta Ketebalanya sekitar 20 centi meter, itu sudah mengalami kerusakan berat, seperti pecah di dua bagian pangkal jembatan, serta ada yang mengalami keretakan panjang. Diketahui pembuatan jalan rigit tersebut ternyata satu paket dengan Jembatan itu, yang dikerjakan oleh CV. Putri Cahyani, sebagai pemenang lelang.

Selain itu, untuk spesifikasi ketebalan pembesian atau Besi Pipa  yang digunakan sebagai lantai jembatan yang bermerek Spindo dengan jumlah 180 besi pipa, dan panjang sekitar 4 meter, juga perlu dicurigai, sebab ada dugaan ketebalan besi yang digunakan tidak sesuai sebagaimana mestinya.

Sebagaimana diketahui pembuatan Rigit beserta Jembatan Sungai  Senaro di Kelurahan Megang Sakti, dibangun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017, pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Musirawas, senilai Rp 875 juta, yang dikerjakan oleh CV. Putri Cahyani, selaku pemenang lelang. (Sahlin/Toding Sugara)