KONKRIT NEWS
24/04/18, 24.4.18 WIB
Last Updated 2018-04-25T05:55:46Z
Daerahpolitik

Yustin Ficardo Tumbuhkan Minat Baca dan Potensi Anak

Advertisement

BANDAR LAMPUNG - Duta Baca Provinsi Lampung, Yustin Ridho Ficardo, tak bosan-bosannya untuk terus  mengingatkan kepada seluruh orangtua, agar menanamkan minat baca pada anak dengan cara membaca buku minimal 15 sampai 30 menit sehari.

Hal itu disampaikan Yustin, saat menghadiri acara Lomba Mewarnai Anak tahun 2018, di Mal Bumi Kedaton (MBK), dalam rangka kegiatan Gebyar IGTKI se-Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, dan Hari Kartini serta Hardiknas, Selasa (24/4).

Kata Ibu tiga orang anak ini, di era kepemimpinan M Ridho Ficardo sebagai Gubernur Lampung, beliau (Ridho) terus menggerakakan program 'Gerakan Lampung Membaca'. Program ini tidak lain untuk upaya mewujudkan pembangunan sumber daya manusia Lampung yang cerdas dan berkualitas, hingga mengarah ke desa bahkan pelosok wilayah. 

"Pak Ridho pernah berpesan, bahwa hakikat dari pembangunan indonesia adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya, Gerakan Lampung membaca adalah salah satu investasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas pendidikan di Lampung," papar Yustin. 

Lanjut Yustin, untuk menumbuhkan minat baca itu harus di biasakan dan harus diusahakan. Untuk itulah orangtua wajib mengikuti pola perkembangan, potensi, hingga memotivasi, serta mendidik anak ditengah arus globalisasi yang kian hari semakin pesat. 

Menurut istri Gubernur Lampung (non aktif) ini, jika anak-anak di ibaratkan sebagai bibit, maka peran orangtua bukan hanya menyiram. Namun dibutuhkan tanggung jawab untuk membantu bibit tersebut tumbuh dengan baik.

Ibu dari 3 orang anak ini juga mengatakan, dalam proses menumbuhkan, kita dapat mengikuti perkembangannya serta tahu bagaimana memperlakukannya dengan tepat pada setiap fase, dari mulai biji, batang, daun, hingga berbuah. 

"Kita semua sepakat satu hati satu tekad, yaitu memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita," ucap Yustin. 

"Anak-anak akan tumbuh sesuai potensi yang mereka miliki, tugas kita sebagai orangtua adalah menumbuhkan motivasi dan tahu cara menyiapkannya," jelasnya lagi. 

Dalam kegiatan itu, Yustin Ridho Ficardo, menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan Lomba Mewarnai Anak 2018 yang diselenggarakan oleh IGTKI Kecamatan Kemiling. 

Selain disertai dengan kegiatan mewarnai, acara ini juga diisi dengan mendongeng. Hal itu dilakukan, agar anak-anak penerus masa depan Provinsi Lampung, bisa meningkatkan imajinasi hingga minat baca. (Tim)