KONKRIT NEWS
01/06/18, 1.6.18 WIB
Last Updated 2018-06-01T16:16:52Z
NasionalSumatera Selatan

Peringatan Hari Lahir Pancasila Berlangsung Hikmad

Advertisement

Musi Rawas, konkritnews.com,- Pelaksanaan upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Musi Rawas berlangsung hikmad. Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, Jumat (1/6/2018) pagi, menjadi inspektur upacara yang dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Bupati Musi Rawas di Lubuklinggau. 

Upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila  oleh Bupati Musi Rawas dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Aparatur Sipil Negara dan diakhiri dengan Doa oleh Kabag Kesra Setda Mura, Yusran Amri

Dari pantauan, upacara dimulai  pukul 07.30 WIB. Upacara dihadiri Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti, Kapolres Musi Rawas, Komandan Brimob, Kepala Pengadilan Agama, Perwakilan Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Pengadilan Negeri, Kementerian Agama, para pejabat dan ASN Musi Rawas, Anggota Polri, TNI, Siswa SMA, Mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan (ormas).

Dalam upacara ini, Bupati Musi Rawas membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila.

Dalam sambutannya mengungkapkan Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Semangat dan energi kebersamaan diharapkan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi.

dalam sambutan itu,  Presiden juga mengajak seluruh atlit untuk menanamkan semangat berprestasi  di dada para atlet untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Paragames yang diselenggarakan tahun ini.

Upacara yang juga diisi dengan pengibaran sang saka merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Mera Putih Kabupaten Musi Rawas.

Penetapan Hari Lahir Pancasila ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung, pada 1 Juni 2016. (Sahlin/KN)