KONKRIT NEWS
25/06/18, 25.6.18 WIB
Last Updated 2018-06-25T09:59:22Z
Daerahkesehatan

Pertama di Indonesia, RSUDAM Terapkan Reservasi Online

Advertisement

Bandar Lampung - Pembangunan dan kelengkapan sarana, prasarana dan alat kedokteran canggih di RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek meningkat signifikan dalam 3 tahun terakhir. Salah satu Inovasi terbaru pada hari Senin 25 Juni 2018 mulai diterapkan di RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek adalah Reservasi Online support system ( ROSS ) merupakan salah satu inovasi terbaru. Merupakan sistem reservasi pendaftaran pasien rawat jalan secara online berbasis aplikasi Website sehingga pendaftaran pasien bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja pasien tersebut berada.

ROSS Merupakan solusi untuk memberi ruang yang lebih luas terhadap proses registrasi atau pendaftaran pasien via online untuk semua jenis pendaftaran pasien, baik pasien baru atau lama dengan pembiayaan pribadi maupun pasien peserta BPJS yang terintegrasi dengan Rumah sakit Tipe C dan BPJS.

Reservasi online merupakan Pioneer dalam penerapan Reservasi Online peserta BPJS di Indonesia. Aplikasi ini salah satu bentuk kemajuan dari Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dalam pendaftaran pasien sehingga dapat memudahkan masyarakat Provinsi Lampung dalam Mengakses Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr.H.Abdul Moeloek.

Ka. Sub. Bag. Humas Akhmad Sapri mengatakan Aplikasi ini diperuntukkan baik bagi Pasien Umum maupun Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dengan cara sbb ;
Reservasi online hanya berlaku untuk klinik rawat jalan.
Fasilitas yang wajib disiapkan pasien: Media elektronik yang terhubung atau terkoneksi dengan internet.
Pasien Pribadi / Umum:
Baru: KTP
Lama: Kartu Berobat Pasien (No. Rekam Medik) RSUDAM
Pasien BPJS:
Baru / Lama: Kartu Peserta BPJS Aktif (No. Peserta BPJS), KTP, No. Surat Rujukan Tipe C
Pasien Asuransi lainnya:
Baru: KTP, No Kartu Peserta Asuransi
Lama: Kartu Berobat Pasien (No. Rekam Medik) RSUDAM
Reservasi Online dapat dilakukan H-3 s.d H-1 dari rencana pasien akan melakukan kunjungan (berobat).

Pasien harus melapor ke loket reservasi online pukul 07.30 WIB s.d 08:30 WIB pada tanggal berobat yang sudah ditentukan.

Reservasi online hanya berlaku 1 klinik.
Pasien yang sudah mendaftar reservasi online akan mendapat pemberitahuan ID Reservasi melalui SMS dan tampilan display pada website demikian tegasnya. 

Direktur Utama RSUDAM dr. Hery Djoko Subandriyo,MKM mengatakan ROSS  digagas untuk percepatan dan peningkatan mutu pelayanan pendaftaran pasien, sistem ini juga bermanfaat untuk menjamin kepastian pasien mendapatkan pelayanan sesuai dengan jenis keahlian yang diperlukan penanganan lebih lanjut dari pasien tersebut sehingga menjadi bagian penting untuk mencapai RSUD. Dr. H. Abdul Moeloek  Sahabat Masyarakat Menuju Lampung Sehat.

Dengan adanya Reservasi pendaftaran pasien secara online ini Bapak Gubernur Lampung 
M Ridho Ficardo berharap “Masyarakat yang akan di rujuk dapat menggunakan aplikasi ini, semoga dengan hadirnya Aplikasi ini,Kami dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat Lampung tegas Pak Gubernur Lampung. (Rls)