10/25/18

Seperti 40 Tahun Lalu, Timnas Indonesia U-19 Lolos Ke Perempat Final

Loading...


Jakarta - mampu lolos dari Grup A Piala Asia U-19 2018 dengan predikat runnerup. Kepastian itu didapatkan tim asuhan Indra Sjafri tersebut usai menang secara dramatis dari Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor akhir 1-0.

Lolosnya Timnas Indonesia U-19 itu pun jadi yang kedua sepanjang sejarah sejak terakhir kali melakukan hal serupa pada 40 tahun yang lalu. Ya, Timnas Indonesia U-19 pernah juga lolos ke perempatfinal Piala Asia U-19 pada edisi 1978.

Saat itu, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A pula seperti saat ini bersama Irak, Yordania dan Malaysia. Pada pertandingan pertama, Timnas Indonesia U-19 era itu kalah dari Irak dengan skor telak 4-0. Akan tetapi, Timnas Indonesia U-19 mampu bangkit secara luar biasa pada dua pertandingan berikutnya sehingga bisa lolos ke perempatfinal.

Perjuangan yang sama pun juga ditunjukkan Timnas Indonesia U-19 era sekarang. Pasalnya, Timnas Indonesia U-19 harus berjuang keras untuk lolos dari Grup A Piala Asia U-19 2018. Sebab, meskipun bisa menang besar dengan skor telak 3-1 atas Taiwan di pertandingan pertama. Akan tetapi, hal sebaliknya justru terjadi pada pertandingan kedua lawan Qatar.

Hal itu dikarenakan tim asuhan Indra Sjafri itu harus kalah dengan skor tipis 5-6 dari Qatar. Meskipun begitu, perjuangan Timnas Indonesia U-19 di pertandingan itu patut diapresiasi, sebab sebelumnya tertinggal 1-6 dahulu dari Qatar sebelum membuat tambahan empat gol.

Kemudian pada pertandingan hidup mati kontra UEA yang baru saja usai tadi, Timnas Indonesia U-19 pun harus berjuang keras selama 90 menit pertandingan berjalan, khususnya pada babak kedua. Bagaimana tidak, pada awal babak kedua tim asuhan Indra Sjafri itu harus bermain dengan 10 orang akibat Nurhidayat mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit.

Patut disyukuri, para pemain Timnas Indonesia U-19 bisa mempertahankan keunggulan satu gol atas UEA, yang tercipta di babak pertama melalui aksi Witan Sulaeman (23’). Gol dari Witan itu pun membuat Timnas Indonesia U-19 bisa mengulang prestasi 40 tahun silam pada saat ini. (*)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.