KONKRIT NEWS
09/11/18, 9.11.18 WIB
Last Updated 2018-11-09T15:20:38Z
DaerahOlahraga

33 Atlit BKC Lampung Ikuti Kejurnas Karate di Batam

Advertisement

Lampung - Pengurus Daerah Bandung Karate Club (Pengda BKC) Provinsi Lampung memberangkatkan 33 Atlit Karate terbaiknya untuk mengikuti Kejuaraan Nasional Karate (BKC) yang akan digelar di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal - Batam pada tanggal 15-18 November 2018.

Ketua Umum Pengda BKC Provinsi Lampung H. Tony Eka Candra saat melepas keberangkatan Kontingen Atlet-Atlet BKC Lampung di ruang kerjanya mengatakan, tujuan Kejurnas tersebut sebagai wadah silaturahmi Atlet-Atlet Bandung Karate Club (BKC) se-Indonesia dalam hal kemampuan bertanding, sekaligus bentuk evaluasi atas hasil pembinaan Atlet BKC di Tingkat Daerah, Tingkat Cabang, Tingkat Ranting dan Dojo secara Kelembagaan dan menyeluruh, baik aktifitas Pengurus dengan Managemen Kepengurusannya, 
Pelatih dengan Program Pelatihannya, dan Atlet dengan pencapaian target 
prestasi serta kualitasnya.

Tidak hanya itu, Kejuaraan Nasional tersebut juga kedepan dalam rangka mempersiapkan Atlet-Atlet BKC untuk turun dalam Kejuaraan-kejuaraan Tingkat Nasional maupun Internasional, serta membentuk Atlet Karateka yang berkualitas dan bermoral.

Tony yang juga penyandang Sabuk Hitam DAN VI Karateka ini mengatakan, pada Kejuaraan Nasional Karate BKC Tahun 2018 kali ini, Pengda BKC Lampung mengirimkan sebanyak 25 Atlet dan 8 orang Official, untuk kategori Usia Dini, Pra Pemula, Cadet, Junior, U-21, sampai dengan Senior. Tony berharap Atlet-Atlit BKC Lampung dapat meraih kemenangan dan meraih prestasi 5 Besar Nasional dalam Kejuaraan Nasional Karate yang diikuti 34 Pengda BKC Provinsi se-Indonesia tersebut.

“Jaga nama baik Provinsi Lampung dan Pengda BKC Lampung, tanamkan di jiwa kalian semangat Bushido, yaitu semangat pantang menyerah, torehkan prestasi terbaik, raih kemenangan sebanyak-banyaknya, dengan tetap mengedepankan sportifitas Olah Raga Bela Diri Karate. Selamat jalan, semoga sampai ditujuan dan kembali dalam keadaan sehat, dan selamat berjuang," kata Tony dalam pengarahanya didampingi Ketua Dewan Pembina Pengda BKC Lampung Ir. H. Hanan. A Rozak MS, Sekretaris umum Pengda BKC Lampung Tedy Hermanto, dan Kepala Pelatih Binpres BKC Lampung Donny Rio Saputra, S.Pd, Jumat (9/11/2018).

Sementara Kepala Pelatih Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengda BKC Lampung Donny Rio Saputra, S.Pd, dalam laporanya menuturkan, para Atlet yang mengikuti Kejurnas BKC kali ini merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan oleh Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengda BKC Lampung yang rutin dan sudah dilaksanakan sejak setahun terakhir.

“Sesuai arahan Ketua umum Pengda BKC Lampung Kang H. Tony Eka Candra, setiap bulan BKC Lampung rutin mengadakan Training Center (TC) bagi Atlet berprestasi yang berasal dari masing-masing Pengcab kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung dan dilaksanakan Pemusatan Pelatihan secara bergilir di 15 Pengcab BKC Kabupaten/Kota, sehingga program pembinaan terlaksana secara terencana, berjenjang, terprogram dan berkesinambungan,” kata Dony.

Adapun Atlet-Atlet yang akan mengikuti Kejuaraan Nasional tersebut yakni, Tihto Marcelino, Salsabila Aura Zahra, M. Alexander Leviano, Adytia Napitupulu, Mika Aprilia, M. Riski, Rosita Meylani Lumenta, Yosi Aliana Firdian, Dhimas Malik Nugroho, Nida Syaakilatin Ulya, Monica Dwi Susanti, Aldi Surya Suryawan, Irwansyah, Bani Cilgi Al-Kautsar, Aldi Satrio Hermawan, Rani Okta Sari, Herlandi. Atlit-Atlit tersebut akan mengikuti Kelas Kumite Perorangan dan Kelas Beregu Putra dan Putri, serta Kata Perorangan dan Beregu Putra dan Putri. 

Seluruh Kontingen BKC Pengda Lampung akan berangkat melalui Bandara Radin Intan II Beranti, pada hari Senin 12 November 2018.

Sementara Sekretaris umum Pengda BKC Lampung Tedy Hermanto mengungkapkan bahwa Pengda BKC Lampung sudah banyak melahirkan Atlet-Atlet Karate berprestasi baik di Tingkat Nasional maupun Internasional. Sebelumnya Atlet BKC Lampung Rani Oktasari menjadi Juara Kelas Kumite U-21 Putri dalam Kejuaraan Dunia Karate Asia Pasifik yang dilaksanakan oleh Asian Karate Federation (AKF), yang merupakan Federasi Karate Asia.

Dalam Kejuaraan Nasional Karate Piala Kapolri di Jakarta pada bulan Juli 2017 yang lalu, Atlet Karateka BKC Lampung Herlandi Afriando menjadi Juara 1 dan mendapatkan Medali Emas untuk Kategori Kumite -65 Kg Putra. Pada Kejuaraan Nasional BKC di Bogor Jawa Barat Atlet BKC Lampung Reza Agselya Sari menjadi Juara 1 dan mendapat Medali Emas untuk kategori Kumite -52 Kg Putri, sekaligus menjadi Juara 1 dalam Kejuaraan Olimpiade Olahraga Nasional Cabang Olahraga Karate Tingkat Provinsi dan bersama Reinhard Reinaldi mewakili Provinsi Lampung di Tingkat Nasional pada September 2017 di Kota Medan, dan berhasil meraih Medali Emas.

“Dalam Kejuaraan Nasional Karateka BKC Tahun 2018 ini, Pengda BKC Lampung menargetkan prestasi 5 Besar Nasional dalam perolehan Medali, untuk kategori semua kelas yang diikuti,” pungkas Tedy.(*)