11/30/18

Gubernur Ridho Tantang Kemenperin RI Bangun Politeknik Industri di Lampung

Loading...

BANDARLAMPUNG - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyerahkan hibah tanah kepada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) yang di wakili oleh Sekretaris Jendral Kemenperin Haris Munandar N, pada kegiatan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah dan Penyerahan Keputusan Gubernur Lampung tentang Hibah barang Milik Daerah, di ruang rapat utama kantor Gubernur Lampung, Jumat (30/11) siang.

Adapun hibah tanah seluas 512 meter tersebut akan diperuntukan untuk pembangunan bagunan 4 lantai di SMK SMTI Bandar Lampung. Menurut Sekjend Haris Munandar, permintaan lulusan SMK SMTI cukup banyak, baik dari Lampung sendiri maupun dari Provinsi lain, seperti Banten dan Jawa Barat oleh karenanya dibutuhkan penambahan kapasitas.

"Saya sangat berterimakasih kepada Pemprov Lampung, terutama kepada Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo atas bantuan tanah yang diberikan. Rencananya diatas tanah tersebut akan dibangun gedung 4 lantai untuk pengembangan SMK SMTI, dimana dengan dibangunnya bangunan tersebut akan meningkatkan daya tampung hingga 802 orang dari sebelumnya yang hanya 200 orang saja," katanya.

Selain menambah daya tampung, lanjut Haris, kedepan lulusan SMK SMTI Bandar Lampung juga akan memiliki sertifikat kompetensi bertaraf Internasional yang sudah link and match dengan dunia industri. Menurut Data yang ada, 90% lulusan SMK SMTI sudah bekerja dan ada juga yang melanjutkan kuliah.

Sementara itu Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyatakan bahwa salah satu dari kebijakan strategis Provinsi Lampung adalah melakukan industrialisasi. Yang mana untuk melakukan hal tersebut diperlukan SDM pendukung yang memadai.

Dengan dibangunnya gedung 4 lantai SMK SMTI, Gubernur Ridho berharap dapat meningkatkan SDM Provinsi Lampung dalam menyongsong era industrialisasi.

"Salah satu kebijakan strategis Provinsi Lampung adalah melakukan industrialisasi. Yang mana untuk melakukan hal tersebut diperlukan SDM pendukung yang memadai. Untuk itu saya mendorong berbagai perguruan tinggi untuk meningkatkan kapasitasnya. beberapa waktu lalu Pemprov juga sudah memberikan hibah tanah untuk Unila, Itera, UIN Raden Inten, Polinela dan lainnya. Termasuk untuk SMK SMTI," papar Ridho.

Masih menurut Gubernur Ridho, dengan pesatnya pembangunan Infrastruktur di Provinsi Lampung, secara alami industrialisasi pasti akan terjadi. Namun apakah SDM Lampung siap atau tidak itu yang menjadi perhatian khusus dari Pemprov Lampung agar masyarakat Lampung tidak kalah saing.

Untuk itu dengan dibangunnya SMK SMTI oleh Kemenperin RI sebagai pembinaan SDM, Gubernur Ridho mengucapkan terimakasih. Dengan dibangunnya SMK SMTI Gubernur Ridho berharap dapat mendorong perkembangan ekonomi dan industri di provinsi lampung.

Tidak Hanya itu Gubernur Ridho juga menantang Kemenperin RI untuk segera membangun Politeknik Perindustrian di Lampung.

"Hibah tanah untuk SMK SMTI ini hanya 512M, malu saya sebagai Gubernur. Padahal kalau minta 10 hektarpun saya kasih. Oleh karenanya saya tantang Kemenperin untuk bikin Politeknik Perindustrian di Lampung, berapapun tanah yang dibutuhkan akan kami siapkan," tegas Gubernur Ridho.

Kegiatan penyerahan hibah tanah ini juga dihadiri oleh 80 peserta dari Kemenperin, Kabiro umum, Kordinator pusdiklat RI, Kepala balai riset, Kepala sekolah SMK SMTI, kepala Sekolah SMA se-Lampung, perwakilan perusahaan di Lampung dan OPD terkait. (*)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.