KONKRIT NEWS
03/12/18, 3.12.18 WIB
Last Updated 2018-12-03T14:22:38Z
Daerah

Yustin Ficardo : Lomba Kesrak Adalah Wahana Meningkatkan Motivasi Kerja

Advertisement

Pesawaran, (Lampung) -- Ketua TP PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo jadikan ajang lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung sebagai salah satu wahana yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi kerja dalam mencapai berbagai sasaran program PKK yang telah ditetapkan.

"kegiatan ini diharapkan akan mampu memicu keberhasilan kegiatan-kegiatan PKK dalam menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk berperilaku lebih baik dan berperan-serta dalam mensukseskan program-program pemerintah," demikian disampaikan Ketua TP. PKK Provinsi Lampung, Aprilani Yustin Ficardo, pada acara lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 yang bertemakan "Gerakan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat menuju Indonesia Sejahtera", di Desa Bogorejo, Kec. Gedong Tataan, Kab. Pesawaran, Senin (3/12/2018).

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo selaku Ketua koordinator Tim Penilai menjelaskan Lomba Kegiatan-kegiatan PKK merupakan salah satu ajang untuk melakukan mawas diri terhadap pelaksanaan berbagai kegiatan yang telah dilakukan selama tahun 2018. "Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan bakti sosial TNI-KB-Kesehatan sampai Bulan Oktober, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Kesra PKK-KKBPK-Kesehatan yang dilaksanakan secara intensif pada Bulan Oktober sampai dengan Bulan Desember yang berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional pada tanggal 12 November, hari Kesrak PKK tanggal 4 Maret serta Hari Keluarga tanggal 29 Juni," jelas Yustin. 


Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK- KKBPK -Kesehatan Tahun 2018, jelas Yustin, dilakukan penilaian terhadap 4 (empat) jenis kegiatan, yang meliputi Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan, Posyandu, PHBS di Rumah Tangga, serta Lingkungan Bersih dan Sehat. "Untuk Lomba Kegiatan-kegiatan PKK dilakukan penilaian terhadap 5 (lima) jenis kegiatan PKK, yaitu pelaksana terbaik, tertib administrasi PKK, pola asuh anak dan remaja, upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK, halaman asri teratur indah dan nyaman (HATINYA) PKK, serta pelaksanaan deteksi dini kanker serviks melalui inspeksi visual asam assetat (IVA) test," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo mengucapkan selamat kepada kabupaten Pesawaran karena pada Puncak Peringatan HKG PKK ke 46 dan Jambore Kader PKK 2018 yang lalu mendapatkan penghargaan atas prestasi tingkat nasional yang telah diraih, yaitu Pakarti Madya Il tingkat Kabupaten sebagai Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Pekarangan. "menjadi peringkat 5 terbaik dari 34 provinsi bukanlah hal yang mudah, ini merupakan wujud kerjasama pemerintah dan masyarakat, khususnya kabupaten Pesawaran. Harapannya dalam lomba tahun ini, kabupaten Pesawaran berhasil mendapatkan penilaian tertinggi dan menjadi perwakilan provinsi Lampung, untuk lomba tingkat nasional tahun depan serta meraih prestasi nasional yang lebih baik lagi Pelaksanaan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK- Kesehatan Tahun 2018 ini," ujar Yustin. 

Ia juga menyebutkan bahwa pada tahun 2018, Provinsi Lampung juga telah berhasil meraih beberapa penghargaan di tingkat nasional. "penghargaan tersebut diantaranya pada pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan yaitu Pakarti Utama I Lingkungan Bersih & Sehat, kemudian Pakarti Utama I Perilaku Hidup Bersih & Sehat, dan Pakarti Utama II Posyandu, serta Pakarti Madya III Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan. Untuk pelaksanaan Kegiatan PKK yaitu Pakarti Utama III Pola Asuh Anak & Remaja, Pakarti Utama III Pemanfaatan Halaman dan Pakarti Madya III IVA Tes," jelasnya.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua TP PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo, dan rombongan di desa Bogorejo. "Secara umum, desa bogorejo masyarakatnya sangat heterogen dan kaya akan kultur budaya. Di desa bogorejo ini terdiri dari suku Jawa, Lampung, dan berbagai suku lainnya. Selain itu, masyarakat di desa ini sangat guyub, dan masyarakatnya sangat inovasi dan kreatif, serta pemerintahan desanya saling menudkung," ujar Dendi. 

Lebih lanjut, Dendi menyampaikan rasa bangga karena yang hadir langsung adalah Ketua TP PKK Provinsi Lampung. "Kami merasa bangga, dan masyarakat sangat antusias karena dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK provinsi Lampung. Dan saya sudah lama memperoleh informasi bahwa tim penilai secara diam-diam memonitoring desa bogorejo. Hal ini menunjukkan bahwa desa Bogorejo sudah masuk radar tim penilai, dan insya allah mampu memperoleh nilai terbaik, sehingga mampu mewakili Lampung ditingkat Nasional," ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi, menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatnya cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan sebagaimana tertuang dalam upaya pencapaian RPJP-RPJMN. "Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemitraan PKK-KKBPK-Kesehatan dan Organisasi Kemasyarakatan LSM, Swasta dan Dunia Usaha, meningkatkan jumlah kelompok Dasawisma, meningkatkan kualitas dan kuantitas Posyandu, meningkatkan pencapaian pelaksanaan PKK Kesehatan, memantapkan peran kelembagaan kegiatan PKK, meningkatkan peran serta masyarakat dan seluruh lintas sektor terpadu dalam Pelaksanaan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan yang terpadu," jelasnya. 

Nanda menjelaskan Desa Bogorejo memiliki inovasi-inovasi dan keunggulan, seperti remaja cinta balita, tarjo ceria, tosa untuk balita, akupresure dan ramuan tradisional di posyandu balita dan lansia, pengajian posyandu lansia dan pendidikan lansia, penanganan nagita dan gisela, sedekah sampah, komunitas trail bogorejo, remaja genre, bank sampah, jumat ceria, dan program lainnya. (*)