KONKRIT NEWS
18/02/19, 18.2.19 WIB
Last Updated 2019-02-18T11:36:22Z
Daerahpesawaran

Dendi Ajak Masyarakat dan Swasta Wujudkan Derajat Kesehatan

Advertisement

Pesawaran, (Lampung) - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Syukur mewakili Bupati Pesawaran Menghadiri Acara Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu 3 Kecamatan (Gedong Tataan, Negeri Katon, Tegineneng) Kabupaten Pesawaran di Aula Desa Bogorejo, Senin, (18/2/2019), juga hadir Ketua TP-PKK Kab. Pesawaran Ibu Nanda Indira Dendi.

Dalam sambutannya, Bupati yang diwakili Asisten 3 Drs. Syukur mengatakan, mewujudkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal merupakan tanggungjawab Bersama pemerintah, masyarakat, termasuk swasta. Salah satu bentuk implementasi tanggungjawab tersebut adalah melalui Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan. 

Dalam hal ini posyandu berperan penting dalam menjalankan fungsi pemberdayaan masyarakat, pemberian pelayanan kesehatan dasar dan utamanya adalah mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Pemerintah telah mengambil langkah bijak dengan mengeluarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tentang revitalisasi Posyandu sebagai upaya peningkatan fungsi dan kinerja posyandu. 

Secara garis besar, revitalisasi posyandu adalah terselenggaranya kegiatan posyandu secara rutin dan berkesinambungan,
Tercapainya pemberdayaan tokoh masyarakat dan kader melalui advokasi, orientasi, pelatihan atau penyegaran,
Tercapainya pemantapan kelembagaan posyandu.

Dengan kondisi ideal yang hendak dibangun melalui revitalisasi posyandu, maka pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa, berkomitmen sepenuhnya secara berkelanjutan mendukung revitalisasi posyandu yang integral dengan visi dan misi Kabupaten Pesawaran, dimana salah satunya adalah “Mewujudkan Desa Tangguh dan Mandiri”. Melalui revitalisasi posyandu, tentu akan menopang keberdayaan desa dalam membangun pengelolaan beragam potensi lokal yang berbasis SDM unggul.

Sebab hal diatas kegiatan pembinaan dan kapasitas kader posyandu amat mendasar dan sangat penting dalam memperkuat implementasi tugas pokok dan fungsi posyandu. Selain bertujuan untuk memperdalam pemahaman antar pemangku kepentingan yang berkompeten dalam memperkuat posyandu sehingga terbangun sinergitas kinerja secara komprehensif.

Meskipun pelaksanaan kegiatan ini hanya berlangsung singkat, namun diharapkan mampu memberikan peningkatan kapasitas atau kemampuan teoritis dan aplikatif implementatif. Kepada para narasumber juga diharapkan dapat memberikan wawasan berdasarkan kompetensi keilmuannya. 

Para peserta diimbau, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar bekal pengetahuan dan kapasitas yang didapatkan menjadi landasan penting dalam menjalankan tugas pokok fungsi dan tujuan mulia posyandu. Sellain itu agar dapat menjadi inisiator yang menularkan semangat revitalisasi posyandu kepada masyarakat luas untuk bersama-sama mengembangkan sumberdaya manusia unggul sebagai basis mewujudkan desa tangguh dan mandiri. (*)