KONKRIT NEWS
15/03/19, 15.3.19 WIB
Last Updated 2019-03-19T04:09:40Z
Daerah

Gubernur Lampung Mantapkan Kerjasama Sains dan Pendidikan dengan Negara Kroasia

Advertisement

Konkritnews.com - Usai Shalat Jumat di Masjid Zagreb, 15/03/2019 waktu setempat, dalam rangkaian lawatannya Rombongan Gubernur juga melakukan audiensi dengan Kementerian Pendidikan Kroasia. Gubernur Ridho didampingi Plt. Sekdaprov Hamartoni Ahadis, Kadisdikbud Sulpakar, Kadis Cipta Karya Ali Subaidi, Sekretaris Disdikbud Aswarodi, dan Staf Kedubes RI Wasana, diterima langsung oleh State Secretary of Education Tome Anticic, Ph.D.

Pada kesempatan tersebut, Ridho menyampaikan berbagai potensi hubungan kerjasama baik yang sedang dibangun maupun yang sudah dibangun dalam sektor Pendidikan antara pemerintah provinsi Lampung dengan Pemerintah Kroasia. Saat ini Universitas Zagreb juga telah membangun kerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia khususnya dengan Universitas  Lampung. Pada kesempatan ini, Ridho menawarkan dan mendorong kerjasama lebih intensif agar University of Zagreb menjalin kerjasama yang lebih kuat dengan Perguruan Tinggi yang ada di Lampung, baik di bidang sains, pendidikan, maupun kebudayaan, misalnya dalam bentuk beasiswa.

Pada kesempatan pertemuan tersebut, Tome Anticic menyambut baik tawaran dari Gubernur Lampung, dan menyatakan kesiapan kerjasama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan. Menteri Pendidikan juga mengatakan bahwa kerjasama dua negara Kroasia dan Indonesia di sektor pendidikan dan sains telah terjalin dalam bentuk nota kesepahaman, dan sangat positif jika diikuti dengan kerjasama yang lebih spesifik misalnya dengan Provinsi Lampung.

Pada tataran pendidikan tinggi, Kroasia memiliki keunggulan di pendidikan kedokteran dan teknik, khususnya energi listrik. Institut Sains di Kroasia berkembang cukup maju dan siap bekerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi di Provinsi Lampung.

Gubernur Ridho berharap dari hasil kunjungan ini akan diikuti dengan langkah-langkah yang spesifik dan tersusun baik dalam rangka kerjasama pendidikan tersebut. Sejauh ini dukungan dari KBRI Kroasia dalam hal ini melalui Duta Besar Sjahroedin ZP sangat banyak membantu terjalinnya kerjasama antara Provinsi Lampung dengan Negara Kroasia. (*)