07/05/19, 7.5.19 WIB
Last Updated 2019-05-07T14:55:52Z
Tanggamus

Polres Tanggamus Menggelar Operasi Keselamatan Krakatau 2019, Catat Tanggalnya

Advertisement

Polres Tanggamus Menggelar Operasi Keselamatan Krakatau 2019, Catat Tanggalnya 

TANGGAMUS - Pasca pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, Polres Tanggamus melaksanakan Operasi Keselamatan Krakatau 2019 yang dilaksanakan selama 14 hari, dimulai tanggal 6 Mei hingga 19 Mei 2019.

Oparasi ini merupakan operasi terpusat dengan sasaran prioritas terhadap delapan pelanggaran lalulintas yakni menggunakan handphone saat mengemudi, tidak menggunakan safety belt, menaikan dan menurunkan penumpang dijalan tol.

Kemudian, melawan arus lalu lintas, mengendarai kendaraan dibawah pengaruh alkohol/miras/narkoba, mengemudikan kendaraan dibawah umur, melebihi batas kecepatan maksimal dan terakhir nenggunakan bahu jalan bukan peruntukannya.

Namun upaya kegiatan Dikmas Lantas yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polantas untuk mengedukasi masyarakat agar menciptakan situasi Kamseltibcarlantas yang tertib juga merupakan upaya penting dalam keberhasilan operasi tersebut.

Hal itu dikatakan Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM saat memimpimpin Apel Gelar Pasukan Keselamatan Krakatau 2019 dilapangan Mapolres Tanggamus,  Senin (6/5/19) pagi.

“Pada pelaksanaan Operasi Keselamatan Tahun 2019 kali ini, kita prioritaskan kegiatan Dikmas Lantas yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polantas juga untuk mengedukasi masyarakat agar menciptakan situasi kamseltibcarlantas yang tertib, ” kata AKBP Hesmu Baroto membacakan amanat Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si.

Lanjutnya, pelaksanaan Operasi Keselamatan ini diharapkan dapat meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

"Untuk itu sasaran operasi keselamatan tahun 2019 diprioritaskan terhadap delapan prioritas pelanggaran lalu lintas guna mendukung terciptanya disiplin masyarakat di jalan raya, mengurangi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Ditambahkan Kapolres, apel gelar pasukan ini juga dilaksanakan guna cipta kondisi yang kondusif dalam pelaksanaan bulan suci Ramadhan 1440 H, serta untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya.

"Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan," tandasnya.

Pada kesempatan itu juga Kapolres Tanggamus melakukan pemeriksaan pasukan, menyematkan pita tanda dimulainya operasi kepada perwakilan TNI Kodim 0424/TGM, Anggota Sat Lantas dan Dishub Tanggamus.

Hadir dalam apel gelar pasukan, Pejabat Utama (PJU) Polres Tanggamus, Kapolsek Jajaran, Pleton TNI, Anggota Polres dan Polsek Jajaran serta Dishub Tanggamus.

Turut dihadirkan, sejumlah kendaraan baik mobil patroli maupun sepeda motor sebagai kendaraan pendukung terlaksanakanya Operasi Keselamatan Krakatau Polres Tanggamus Tahun 2019. (*)