Dianakrobi
29/09/19, 29.9.19 WIB
Last Updated 2019-09-28T19:31:44Z
Bandar LampungInfo menarik

Ikamatika Unila dan BPS Lampung Adakan Sematik 2019

Advertisement
Bandar Lampung-KN
Ikatan Alumni Mahasiswa Matematika (IKAMATIKA) Universitas Lampung kerjasama dengan BPS Provinsi Lampung, mengadakan kegiatan Seminar Matematika dan Statistika (SEMATIK), dimana pelaksanaan seminar di Gedung E Fakultas Hukum Unila, Sabtu (28/9/2019) siang tadi.

Kegiatan tersebut menghadirkan pembicara yakni akademisi matematika Universitas Lampung yang sekaligus menjabat sebagai Ketua SDGs Universitas Lampung, Bapak Ir. Warsono, Ph.D. dan juga Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Lampung bapak Mas’ud Rifai, S.ST. 

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala BPS Provinsi Lampung, Ibu Yeane Irmaningrum, S.MA didampingi oleh perwakilan kampus yaitu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Karomani, M.Si, seminar hari ini diikuti oleh 200 peserta dari pegawai BPS, OJK, para Dosen UNILA, Itera, Politeknik Lampung, Dharma Jaya,serta Mahasiswa S2 dan S1 se-Provinsi Lampung.

Iqbal Ardiansyah selaku Ketua IKAMATIKA mengatakan, bahwa penting saat ini mahasiswa khususnya yang berkonsentrasi di bidang matematika dan statistika memahami aspek paling penting dalam era 4.0 yakni teknologi berbasis data, pemahaman tentang pengelolaan data yang baik dan benar, serta implementasi dari penggunaan dari data-data tersebut haruslah mampu dipahami dan diterjemahkan dengan baik oleh mahasiswa matematika dan statistika, sehingga kedepan mahasiswa matematika akan mampu menjadi garda terdepan dalam kemajuan revolusi industri 4.0 di negara ini.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Karomani atau kerap disapa Prof. Aom mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah terobosan yang bagus, saat alumni mampu mengadakan kegiatan-kegiatan seminar yang ilmiah dan memberikan keterbukaan pemikiran bagi mahasiswa yang tentu adalah adik-adik penerusnya di kampus.

“Ya memang Universitas Lampung butuh sekali kegiatan-kegiatan Alumni yang bermanfaat dan memiliki produktifitas untuk meningkatkan kualitas dari Kampus” ujar Wakil Rektor 3 yang juga kandidat Rektor Univerisitas Lampung.

Selanjutnya itu Kepala BPS provinsi Lampung, Yeane Irmaningrum pun memberikan apresiasi kepada IKAMATIKA yang telah sukses mengadakan kegiatan Seminar ini, dalam rangka memperingati hari Statistik Nasional yg jatuh pada tanggal 26 september lalu, artinya kegiatan kegiatan keilmuan seperti ini perlu terus digaungkan dalam rangka mengenalkan statistik kepada masyarakat luas.

Selain itu beliau berharap akan banyak kegiatan-kegiatan akademik selanjutnya yang bisa disinergikan pula dengan kegiatan BPS Provinsi Lampung, apalagi tahun depan negara kita akan ada agenda besar yaitu mencatat Indonesia dalam kegiatan Sensus Penduduk (SP) 2020, dimana SP2020 dimulai dari sensus online bulan februari-maret 2020.

Masyarakat indonesia bisa langsung secara mandiri untuk memperbaiki data kependudukan melalui www.sensus.bps.go.id. Selain itu dilanjutkan pada Juli 2020, bagi masyarakat yang belum sensus akan dikunjungi langsung oleh petugas sensus yang akan di tunjuk oleh BPS.


“Maka untuk itu ayo kita perkuat data-data yang akurat di Lampung, kita ciptakan kebermanfaatan untuk masyarakat dari Lampung untuk Indonesia, demi terwujudnya satu data Kependudukan,” ucap Kepala BPS Provinsi Lampung.

Selain itu juga, sebagai penutup Iqbal Ardiansyah mengatakan, dengan sebuah komitmen bahwa Ikatan Alumni Matematika Universitas Lampung akan terus konsisten mengadakan program-program yang bermanfaat bagi sisi sosial maupun akademis guna membantu meningkatkan kualitas jurusan dan lulusan matematika Universitas Lampung serta berkontribusi penuh untuk Kampus Universitas Lampung menuju _Top Ten University.
(Tim)