11/27/19

Melalui Dana Desa, Tiyuh Balam Asri Terus Genjot Pembangunan

Loading...

Tulang Bawang Barat - Anggaran Dana Desa saat ini menjadi alat yang sangat ampuh dalam meningkatkan pembangunan di tingkat desa. Hal itu pula yang dilakukan Tiyuh Balam Asri kecamatan Kenanga, kabupaten Tulang Bawang Barat.

Menurut Eko Haryanto selaku Kepala Tiyuh Balam Asri, saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan realisasi Dana Desa sampai tahap kedua diperuntukkan untuk berbagai bidang kegiatan pembangunan berdasarkan anggaran belanja tahun 2019 yaitu seperti pelaksanaan pembangunan bidang infrastruktur yang meliputi pembangunan jembatan sebanyak dua unit yang masing-masing ukurannya 4X5x2,5 Meter yang terletak di suku 4 dan suku 5. 

"Kemudian ada pelebaran jalan usah tani yang berada di suku 5 dan suku 6 yang memiliki ukuran panjang 400 Meter dan 250 Meter. Kemudian ada pembangunan gorong-gorong sebanyak 8 unit yang terletak di suku 1, suku 3, suku 4, suku 5, dan suku 6," ungkap Eko Haryanto belum lama ini. 

Tidak hanya itu, Tiyuh Balam Asri juga telah membangun sumur bor sebanyak 1 titik terletak di suku 1.

"Semua pekerjaan tersebut telah selesai dikerjakan pada tahap 1 dan 2 tahun anggaran 2019. Masih terdapat beberapa pekerjaan yang akan dilaksanakan ditahap 3 tahun 2019 diantaranya adalah pembangunan draenase di dua tempat dengan panjang masing-masing  200 meter, talud T=1m panjang 15m, Talud T=1m panjang 30m dan pekerjaan peningkatan taman Tiyuh," paparnya.

Tidak lupa, pelaksaan bidang kesehatan dan pendidikan juga terus ditingkatkan seperti bantuan insentif kader posyandu, bantuan makanan tambahan untuk peningkatan gizi balita, serta untuk insentif pengajar TPQ. 

Selain itu juga dilaksanakan untuk pengadaan kelengkapan operasional Tiyuh, pengadaan peralatan kantor Tiyuh sebagai penunjang kegiatan pelayanan terhadap masyarakat (pengadaan meja, kursi, laptop, printer, dll).

Kemudian dilaksanakan untuk bidang pembinaan  kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat, yaitu: 
untuk pembinaan kegiatan terhadap kelembagaan Tiyuh (kelengkapan kegiatan PKK, bantuan perlengkapan olah raga kepada karang taruna),
Insentif untuk penjaga makam dan Mudin
serta untuk peningkatan kapasitas pelaksana pelaksana pemerintah Tiyuh Balam Asri. 


"Kami atas nama pemerintah Tiyuh Balam Asri menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintahan pusat dan  pemerintahan daerah yang telah mengucurkan dana desa kepada Tiyuh kami, sehingga dapat mewujudkan peningkatan pembangunan Tiyuh sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan kebutuhan masyarakat Tiyuh Balam Asri, baik dibidang infrastruktur maupun pemberdayaan," Pungkas Eko Haryanto. (Holidi/KN)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.