2/12/20

Kepala UPTD Puskesmas Gantiwarno Pekalongan Lampung Timur adakan PSN Fogging

Loading...
Lampung Timur|konkritnews.com
Bentuk kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Jojog, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur Selasa, (12/02/2020) dilakukan oleh Kepala UPTD Puskesmas Gantiwarno beserta jajaran serta perangkat Desa, Fogging ketika sudah ditemukannya kasus DBD Demam Berdarah, yang positif Fogging ini hanya dapat memberantas nyamuk dewasa.

Kepala UPTD Puskesmas Gantiwarno, Jauhari Bayu Aji, S.Kep., Ners, menjelaskan tujuan Fogging sebagai bentuk kegiantan PSN dapat dilakukan ketika sudah ditemukannya dampak DBD positif disuatu desa atau tempat yang terjangkit penyakit DBD.

Terpisah Camat Pekalongan, Lampung Timur, Jarot Suseno, S.H, sangat antusias dan mengapresiasi kinerja Kepala UPTD Puskesmas dalam mengantisipasi gejolak bertambahnya penderita penyakit DBD di wilayah kerjanya seperti Desa Jojog Adirejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur.

Program Fogging penyemprotan nyamuk ini hanya untuk membasmi nyamuk dewasa saja dan tidak menjamin keseluruhan, tapi setidaknya bisa mengurangi dari penyakit DBD.
Namun yang lebih penting, Kepala UPTD beserta Kepala Desa menghimbau, "Kepada masyarakat untuk bersih-bersih dipekarangan rumah masing-masing, terutama tempat genangan air harus dibersihkan, seperti selogan yang mampet, itu tempat bersarangnya nyamuk," jelas Jauhari Bayu Aji kepada masyarakat di Desa Jojog menirukan kepada Awak Media dalam penyuluhannya.

Selain itu, Jauhar Bayu Aji, mengadakan penyelidikan epidemilogi yang hanya dilakukan oleh Puskesmas untuk mencari kasus yang diterima dari laporan yang disampaikan oleh masyarakat setempat terkait DBD, barulah Fogging dapat dilakukan jadi tidak sembarangan, juga pihak Puskesmas melakukan Fogging tanpa ada dasar dan himbauan dari masyarakat setempat.
(Samidi/KN/Red)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.