2/26/20

SDN 15 Buay Sandang Aji Diduga Pungli Dana PIP

Loading...
OKU Selatan|konkritnews.com
Menurut informasi dari masyarakat, terkait adanya dugaan pemotongan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di SDN 15 yang terletak di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Buay Sandang Aji (BSA) OKU Selatan, awak Media Online Tabir News dan Media Online Konkrit News, melakukan Investigasi kelapangan.

Hasil Investigasi, didapatkan keterangan bahwa pencairan dana bantuan PIP untuk tahun ajaran 2019/2020 yang semestinya diterima  450 ribu/siswa di tiap tahunnya, namun ternyata hanya disampaikan 350 ribu/siswa.

Pihak sekolah diduga telah melakukan pungutan atau pemotongan dana bantuan PIP 100 ribu/ siswa, dengan tanpa alasan dan penjelasan sama sekali kepada seluruh wali siswa penerima bantuan, dan ini terjadi tiap tahunnya.

Terkait dugaan adanya pemotongan dana PIP oleh Kepala Sekolah (Kepsek), Nuraida, Salah satu wali siswa, Sastra, saat ditemui dikediamannya menjelaskan, "Benar sekali, memang terjadi pemotongan sepihak dari sekolah SDN 15 Buay Sandang Aji yang semestinya diterima siswa Rp 450 ribu, tapi karena dipotong 100 ribu jadi kami seluruh wali siswa hanya menerima 350 ribu saja, dana itu diberikan bukan disekolah, tapi diantarkan oleh guru dari rumah ke rumah. Heran sekali mengapa ini terjadi tanpa adanya musyawarah yang melibatkan Komite dan Wali Murid," terang sastra secara gamblang. Selasa, (25/02/2020).

Dihari dan ditempat yang sama, awak media mengkonfirmasi ke Sekretaris Komite, Hendri. Dalam keterangannya bahwa pihak kepengurusan Komite Sekolah tidak dilibatkan dalam hal realisasi Dana PIP tersebut.

"Sekitar dua tahun ini, kami tidak pernah ikut dilibatkan dalam rapat program sekolah, apalagi soal dugaan pemotongan dana PIP, saya juga kurang tau, kalau pun ingin jelas silahkan tanyakan langsung ke Ketua," tegasnya.

Demikian pula dengan Herawati, selaku Ketua Komite SDN 15 Buay Sandang Aji, saat awak media menanyakan langsung dikediamannya dikampung Rengas Muara Dua.

"Saya tidak tau menahu tentang dugaan pemotongan dana PIP di SDN 15 Buay Sandang Aji, karena saya sudah menyampaikan permohonan pengunduran diri saya dari Ketua Komite, walau masih, saya sampaikan secara lisan kepada Ibu Kepala sekolah, Nuraida, dengan demikian saya tidak pernah lagi dilibatkan dengan kegiatan di sekolah tersebut, dan saya akan buatkan surat pengunduran diri secara resmi kepada pihak sekolah SDN 15 buay Sandang Aji, dan bila ditemukan ada penyalahgunaan tanda tangan saya, maka akan saya permasalahkan," pungkas Ibu Guru yang tercatat sebagai tenaga pengajar di SMA 1 Tiga Dihaji ini.

Dari hasil investigasi dan konfirmasi, beberapa nara sumber yang awak media temui, tidak satu orang pun yang mengetahui berapa jumlah seluruh siswa penerima bantuan Dana PIP yang terjadi di SDN 15 Buay Sandang Aji ini dan perlu dipertanyakan.

Tentang dugaan pemotongan dana, memang patut diduga adalah inisiatif dari Kepala Sekolah, Nuraida, itu sendiri dan karena ini sudah diluar ketentuan serta aturan yang ada, maka diduga Kepsek sudah melakukan kebijakan yang salah dan dugaan pemotongan Dana bantuan PIP yang dilakukannya masuk katagori dugaan pungli.
(Yeli/KN/Red)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.