4/9/20

Antisipasi Pandemi Covid-19, Polres Tanggamus Gelar TFG Simulasi Sispamkota

Loading...
TANGGAMUS|konkritnews.com
Polres Tanggamus menggelar Tactical Floor Game (TFG) Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Aula Paramasatwika Mapolres, Kamis, (09/04/2020) pagi.

Kegiatan dilaksanakan guna mengantisipasi dampak pandemi Virus Corona Disease (Covid-19) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diwilayah Kabupaten Tanggamus.

Sebelum peserta memasuki aula, terlebih dahulu dilaksanakan SOP pencegan Covid-19 melalui rangkaian, yakni cuci tangan dilanjutkan screening terhadap peserta yang akan memasuki aula tersebut, bahkan di dalam aula juga diberikan jarak aman atau physical distancing.

Pelaksanaan kegiatan dibuka Kapolres Tanggamus, AKBP Hesmu Baroto, S.I.K., M.M, yang menyampaikan sambutan, dilanjutkan oleh Asisten 2 mewakili Bupati Tanggamus, dan Dandim 0424/TGM, Letkol Inf. Arman Aris Sallo.

Tampak hadir Wakapolres Tanggamus, Kompol MN. Yuliansyah, Kabag Ops, Kompol Bunyamin, para Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Tanggams, perwakilan Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pol.PP dan Ka Pos SAR Kota Agung.

Rangkaian kegiatan setelah pembukaan dilanjutkan dengan pelaksanaan beberapa simulasi sekaligus yang terdiri dari sumulasi penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) juga antisisipasi kerusuhan.

Kapolres AKBP Hesmu Baroto, mengatakan, TFG adalah sebuah pemaparan untuk mensimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan dilantai.

Melalui TFG Sispamkota tadi, disimulasikan berbagai strategi dan langkah yang harus dilakukan bersama, apabila terjadi situasi kontijensi terhadap kondusifitas Kamtibmas khususnya dalam pademi Covid-19.

Lalu, ditengah pandemi virus Corona saat ini diantaranya kemungkinan terjadinya Rusuh Massa, maupun Penjarahan diwilayah Kabupaten Pringsewu, untuk itu juga masuk dalam simulasi.

“Tujuannya adalah untuk mempermudah, memberikan gambaran tentang pergerakan personel, baik pada saat aman maupun situasi kontijensi, dalam hal ini adalah setiap perkembangan Covid-19, juga dapat dipakai dalam pelaksanaan Pilkakon Serentak nantinya," kata AKBP Hesmu Baroto usai kegiatan.

Atas kegiatan itu, Kapolres berharap para personel serta pimpinan atau perwakilan dari berbagai instansi yang hadir dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan perannya masing-masing dalam penanganan situasi Kamtibmas di masa pandemi Covid-19. 

"Mudah-mudahan semua yang hadir dapat memahami perannya masing-masing dalam penanganan, apabila terjadi kontijensi pada masa pademi Covid-19 di Kabupaten Tanggamus," pungkasnya.
(ROBI/AAN/KN/RED)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.