9/25/20

PIS-PK : Program Sinergitas Bupati Lampung Timur dan Dinas Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19

Loading...
LAMPUNG TIMUR|konkritnews.com--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur bersama Dinas Kesehatan terus melakukan berbagai upaya guna pencegahan virus Corona.

Salah satunya dengan melakukan orientasi penguatan posyandu dan pemberdayaan masyarakat melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

PIS-PK atau yang dikenal dengan Program Keluarga Sehat adalah salah satu program puskesmas yang menggunakan pendekatan keluarga untuk meningkatkan jangkauan sasaran.

Tujuannya adalah untuk mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan langsung mendatangi keluarga.

Saat dilaksanakan acara beberapa waktu yang lalu, Bupati Lampung Timur Hi. Zaiful Bukhori mengatakan, sangat mendukung dilaksanakan program tersebut, dan berharap terus berjalan. Sehingga dapat menurunkan tingkat penyebaran Covid-19 diwilayah Lampung Timur.

"Meningkatnya angka kematian saat ini akibat Virus Corona, tentu membuat kita semakin lebih waspada. Minimnya kesadaran masyarakat dan kurangnya informasi tentang bahaya virus corona. Tentu, tugas berat bagi kita untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahannya, salah satunya melalui program PIS-PK," terangnya.

Ia melanjutkan, "Hal ini sangat penting memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk mengikuti dan mematuhi agar kita selalu menerapkan pola hidup bersih dengan cara 3M. Yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Terakhir, saya berterima kasih kepada Dinas kesehatan dan jajarannya, mudah-mudahan program ini dapat menekan tingkat penyebaran Virus Corona di Kabupaten Lampung Timur," ungkap Zaiful.
Sementara itu, dr. Nanang Salman Saleh selaku Kadis Kesehatan Lampung Timur mengatakan, pentingnya program PIS-PK dilaksanakan, selain mengedukasi masyarakat juga memudahkan bagi tenaga kesehatan untuk mendapatkan informasi tentang riwayat keluarga tersebut.

"Pentingnya prorgam PIS-PK untuk dilaksanakan saat ini, guna memberikan informasi akan bahaya Virus Corona. Selain itu kami juga telah menginstruksikan seluruh puskesmas di Lampung Timur wajib mendata Seluruh keluarga yang ada di wilayah kerjanya. Pendataan yang biasa dilakukan dengan kunjungan rumah (keluarga) ini harus dilakukan secara terjadwal dan rutin.Nantinya, puskemas bisa memanfaatkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga (Family Folder) ini untuk intervensi masalah kesehatan dalam keluarga tersebut," ungkap dr. Nanang saat ditemui Mitrapol, Jum’at, (25/09/2020).

Ditambahkan dr. Nanang, dirinya berharap agar program ini dapat berjalan serta didukung seluruh masyarakat Lampung Timur.

"Mengingat penting dan strategisnya program keluarga sehat tersebut, maka diperlukan penguatan dan koordinasi pengelola PIS-PK dengan bidang yang terkait diseluruh Kabupaten Lampung Timur, sehingga hasil dari program ini dapat berjalan lebih baik," pungkasnya.
(Red)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.