KONKRIT NEWS
05/12/20, 5.12.20 WIB
Last Updated 2020-12-05T14:08:40Z
pesawaran

Bawaslu Pesawaran Launching Patroli Pengawasan di Masa Tenang

Advertisement

 


Pesawaran - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran  Melaunching Program Patroli Pengawasan  Masa Tenang yang dihadiri oleh anggota Panwascam kecamatan Se- Kabupaten Pesawaran, Sabtu (5/12/2020) diruang Rapat Kantor Bawaslu setempat.

Ketua Bawaslu Pesawaran Ryan Arnando menuturkan, Launching Patroli Pengawasan ini adalah strategi dalam rangka Pencegahan & Pengawasan terhadap potensi-potensi pelanggaran yang terjadi setelah tahapan kampanye berakhir. 

"Hari ini sesuai dengan peraturan KPU adalah hari terakhir pelaksanaan kampanye oleh pasangan calon. Kami (Bawaslu) telah mengintruksikan kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu di semua tingkatan se-kabupaten Pesawaran untuk melakukan patroli pengawasan Pada hari tenang tanggal 6 s/d 8 Desember 2020," tuturnya.

Ryan menjelaskan, Titik Fokus dari Patroli Pengawasan ini adalah terkait dengan kegiatan kampanye di masa tenang dan juga potensi terjadinya politik uang dan materi lainnya yang bisa saja terjadi dilapangan.

"Besok, Semua Jajaran Pengawas Pemilu di tingkat kecamatan melakukan APEL Patroli Pengawasan, kemudian dilanjutkan dengan pengawasan penertiban alat peraga kampanye yang tersebar di seluruh kabupaten Pesawaran," ujarnya.

Disamping itu lanjut Ryan, pihaknya juga bersama jajaran Pengawas pemilu akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan gerakan menolak praktik politik uang dalam pelaksanaan Pilkada Serentak di kabupaten Pesawaran.

"Kita sampaikan surat terbuka kepada seluruh masyarakat kabupaten pesawaran yang berisi ajakan untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada dengan Menolak Politik Uang, Berita Hoax, Isu Sara dan juga terkait dengan Netralitas ASN & Aparatur Desa," jelasnya.

Kemudian, Ryan Mengatakan bahwa Hasil Patroli Pengawasan ini akan dilaporkan langsung ke Bawaslu RI melalui Aplikasi SIWASLU.

"Mulai Besok, jajaran kami (Bawaslu) mulai dari  PTPS, PKD, dan Panwascam  se-pesawaran akan melaporkan langsung hasil dari patroli pengawasan ini melalui Aplikasi SIWASLU kepada Bawaslu RI," tutupnya (Agung/KN)