03/04/21

POC HKTI Lampung Terbukti Tingkatkan Hasil Panen Petani

Loading...


Pesawaran - Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Lampung, Rahmat Mirzani Djausal (RMD) menghadiri acara panen raya hasil demplot Pupuk Organik Cair (POC) HKTI tanaman padi, di desa Suka Mandi, kecamatan Way Lima, kabupaten Pesawaran, Sabtu (03/04/2021).


Rahmat Mirzani Djausal ketua HKTI Lampung menjelaskan kehadirannya di desa Suka Mandi tersebut untuk melakukan panen raya padi hasil demplot menggunakan POC HKTI Lampung dalam penggunaan pupuk tanam padi dengan hasil yang signifikan serta menguntungkan bagi para petani.


“Alhamdulillah, dalam menjawab keluhannya petani, terutama pada kesulitan petani akan kebutuhan pupuk, POC melalui hasil demplot telah menjawab kondisi tersebut sehingga dapat menghasilkan panen padi sedikitnya dua kali lipat dari hasil panen sebelumnya,” paparnya.


Sedangkan kepala dinas pertanian, kabupaten Pesawaran, Anca, menjelaskan program POC merupakan kali pertama dalam tiga bulan penggunaan pupuk organik dari HKTI, melalui demplot areal seluas 22 hektar tanaman padi, dengan hasil maksimal mencapai hingga dua kali lipat dari hasil menggunakan pupuk kimia sebelumnya.


“Terima kasih, atas kehadiran HKTI Provinsi Lampung, dengan POC nya bisa menjawab keresahan petani hingga dapat menghasilkan panen padi yang berlipat ganda, dan ini merupakan yang pertama di Pesawaran yang melakukan demplot hingga luas mencapai 22 hektar," ucap Anca.


Sambung dia, pihaknya berharap dengan kehadiran Pupuk Organik Cair (POC) HKTI bisa membawa warna baru pada pertanian di wilayah kabupaten Pesawaran.


”Semoga dengan kehadiran POC HKTI dapat mengarahkan petani Pesawaran ke arah lumbung pangan swasembada beras, sehingga dapat mewujudkan program ketahanan pangan menuju ketahanan nasional,” pungkasnya.


Dengan panen raya hasil pembinaan peningkatan produksi padi yang menggunakan POC HKTI Provinsi Lampung, berharap dapat menjadi contoh untuk menjadi lumbung ketahanan nasional.


Ditempat yang sama, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Lampung, Elly Wahyuni, mengapresiasi kreatifitas HKTI yang mampu memberikan solusi kepada petani dalam musim tanam yaitu kelangkaan pupuk dengan menciptakan pupuk organic cair yang mampu menekan biaya pupuk dan justru dapat meningkatkan produksi panen.


"Saya berharap agar pemerintah daerah provinsi dan kabupaten agar selalu mensupport program HKTI tersebut dan mampu membuat Lampung menjadi Provinsi Lumbung Pangan," singkatnya.  (Red/KN)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.