KONKRIT NEWS
23/09/22, 23.9.22 WIB
Last Updated 2022-09-23T09:26:56Z
Lampung Barat

Bupati Lambar Terima Penghargaan WTP Kategori 10 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

Advertisement

 


Lampung Barat - Kinerja yang baik di bawah kepemimpinan Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Drs. Mad hasnurin kembali mendapat penghargaan, hari ini Kamis (22/9/2022) Bupati Lambar H. Parosil Mabsus menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kategori minimal 10 kali berturut-turut mendapatkan WTP dari Kementerian Keuangan.

Penghargaan WTP itu diserahkan langsung oleh Menteri Kuanganan Sri Mulyani Indrawati kepada Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2022 yang berlangsung di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jalan Senen Raya No. 1 Jakarta.

WTP tersebut merupakan penghargaan dari Kementerian Keuangan terhadap kabupaten/kota yang telah meraih WTP minimal 5 kali, 10 kali, dan 15 kali secara berturut-turut.

Terhitung, sampai di tahun 2021, Kabupaten Lampung Barat sendiri telah meraih WTP sebanyak 12 kali secara berturut-turut. Sehingga Kabupaten Lampung Barat berkesempatan mendapatkan penghargaan tersebut.

Dalam Rakernas yang diikuti seluruh Provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia itu juga diadakan Talk Show dengan tema "mengawal akuntabilitas keuangan dan kinerja untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat".

Dalam kesempatan ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengucapkan  "selamat atas pencapaian yang di raih oleh seluruh kementerian,  lembaga dan pemerintah kabupaten/kota," ujarnya. 

Kemudian,  Ini merupakan pencapain yang luar biasa dalam membangun tata kelola keuangan negara, yang sangat penting APBN dan APBD bermanfaat dalam memecahkan masalah yang di hadapi negara Indonesia.

Selanjutnya,  Ini bukan pencapain yang biasa, semenjak 2 (dua)  tahun pandemi tetapi kita tetap dapat menjaga akuntabilitas keuangan negara. Dalam dua tahun terakhir kita punya program khusus penanganan covid, APBN dan APBD merupakan andalan utama dalam menjalankan program baik di bidang ekonomi ataupun kesehatan.

Laporan penyelenggaraan Rakernas dari Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Dr. Hadiyanto,SH,LL.M. menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini yaitu memberikan apresiasi atas raihan opini WTP,  mewujudkan penguatan kualitas dan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah, meningkatkan awereness dan menjaga komitmen serta kebersamaan langkah dalam percepatan pemulihan dan kebanglitan ekonomi nasional.

Dalam kesempatan itu, Pakcik sapaan akrab bagi Bupati Lambar, dirinya mengatakan penghargaan tersebut didedikasikan untuk masyarakat Lampung Barat. 

Parosil pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungannya sehingga berhasil mendapat penghargaan tersebut.

"Penghargaan ini kami dedikasikan untuk masyarakat Lampung Barat," ucapnya.

"Terima kasih untuk dukungannya selama ini sehingga hari ini kita kembali mendapatkan penghargaan," tambahnya.

Kemudian, pihaknya juga menyampaikan hasil yang di dapat tidak terlepas dari kerja keras semua jajaran Pemkab Lambar, sehingga Lambar 12 kali berturut turut mendapatkan penghargaan WTP.

Parosil berharap, WTP tersebut dapat terus dipertahankan sebagai wujud kinerja yang baik dari jajaran Pemkab Lampung Barat.

"Mari kita pertahankan dan tingkatkan kinerja kita, untuk membangun kabupaten Lampung Barat yang Hebat dan Sejahtera," pungkasnya.

Turut hadir Ketua KY, Wakil Ketua MA bidang non yudisial , Menteri Keuangan, Anggota 2 BPK RI selaku pimpinan pemeriksa keuangan negara 2, para Menteri, wakil menteri, pimpinan lembaga,  gubernur,  Walikota dan Bupati serta para pejabat lembaga. (Indra/KN)