KONKRIT NEWS
14/01/23, 14.1.23 WIB
Last Updated 2023-01-14T12:22:41Z
Tulang Bawang Barat

Dugaan Kepala Tiuh Kibang Tri Jaya Tilep Insentif Guru Ngaji dan Linmas Berujung Laporan Polisi

Advertisement

Tulang Bawang Barat - Setelah beberapa mingu lalu terjadi keriuhan di Tiuh Kibang Tri Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung akibat Kepala Tiuh M,Asrofi di duga tilep dana insentit guru ngaji dan linmas, berlanjut munculnya vidio viral permintaan dari guru ngaji dan linmas agar M, Asrofi memberikan hak mereka. 

Akhirnya sabtu 14/1/223 sekira jam 11,00 linmas di temani salah satu LBH dari Tubaba dan LSM serta Media melaporkan kepala Tiuh M, Asrofi ke Tipidkor Polres Tulang Bawang Barat Polda Lampung, Laporan diterima langsung oleh kanit Tipidkor Ipda M, Khoir di ruangannya. 

Menurut keterangan pendamping hukum linmas dan guru ngaji Junaedi yang mendapingi pelapor SPR,AGS dan JL setelah keluar dari ruangan Tipidkor menjelaskan, laporan kebagian Tipidkor Polres Tubaba harus dilakukan karena dari bukti awal dan keterangan saksi-saksi cukup bukti M,Asrofi melakukan tindakan melawan hukum dengan sengaja memasukan data fiktif guru ngaji sebayak 12 orang dengan nilai Rp 7,200,000 dan linmas sebayak 10 orang dengan nilai Rp 5,000,000.

Lebih lanjut keterangan dari junaedi," Kenapa saya bilang fiktif mas dari bukti yang saya dapat dari foto copi  Rencana Angaran Belanja ( RAB ) Tiuh Kibang TriJaya 2022,sangat jelas dimasukan dalam pengeluaran ABPT ada angaran insetif guru ngaji dan linmas totalnya Rp 12,200,000 dan ketika tim kami mengecek kelapangan hinga selasa 10/1/2023 belum ada yang tersalurkan padahal surat pertangung jawaban kerjanya menurut Camat Lambu kibang sudah ada dan sudah di acc, apakah itu gak fiktif namanya kalau gak mau dibilang fiktif tentu sudah dibagikan," tegas Junaedi. 

Kemudian wartawan menanyakan kebenaran terkait setelah vidio viral guru ngaji dan linmas memohon kepada M.Asrofi agar memberikan insentifnya tiba-tiba bendahara Erdi membagikan insentif guru ngaji," Itu saya benarkan kan mas bahkan saya berkesempatan berbicara langsung lewat telpon selular dengan Erdi bendahara Tiuh Kibang Tri jaya,untuk konfirmasi dan Erdi meng iyakan dia yang membagikan itu,di suruh kepala tiuh. mungkin M,Asrofi takut kena azab dan jadi cerita seperti senetron di tv misteri ilahi," ucap Junaedi sambil terseyum. 

Sambil berjalan keluar polres tubaba media mengkonfirmasi Junaedi dengan pertanyaan bagai mana selanjunya proses hukum yang akan di terapkan penyidik kepada kepala tiuh kibang tri jaya M, Asrofi, " Sabar mas biarkan pak kanit Tipidkor dan jajaran bekerja dulu dengan memeriksa saksi dan alat bukti kemudian memangil M, Asrofi, kalau masalah yang dana insentif guru ngaji sudah dibagikan tadi sudah saya sampaikan kepada pak M,khoir selaku kanit Tipidkor beliyau katakan itu hanya untuk menutupi jejak kejahatannya.

penyidik akan buka dulu semua terkait RAB dan ABPT tiuh kibang Tri Jaya yang mengunakan dana DD, mingu depan segera akan kami jatwalkan periksa dan pangil seluruh yang terlibat sesuai nama- nama yang sudah di sampaikan, begitu kata penyidik ke saya mas. 

kecil atau besar nilainya ini kejahatan yang harus ditindak tegas kalau yang kecil saja Asrofi ambil apalagi yang besar," Pungkasnya.(*)