KONKRIT NEWS
12/01/23, 12.1.23 WIB
Last Updated 2023-01-12T10:57:49Z
politik

Nahkodai Pemuda Tani Indonesia Lampung, Ahmad Giri Akbar Fokus Dampingi Petani Hingga Melek Tekhnologi

Advertisement


BANDARLAMPUNG - Petani yang kian terpuruk, membuat Ahmad Giri Akbar, SE,MBA akan fokus mendampinginya hingga menjadi sejahtera.

Hal tersebut diungkapkannya, usai dilantik menjadi Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia wilayah Provinsi Lampung.

Pelantikan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Emersia pada Hari ini 12 Januari 2023 tersebut, dilakukan langsung oleh Ketua DPP Pemuda Tani Indonesia, G.Budisatrio Djiwandono.

Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Wilayah Lampung, Ahmad Giri SE, MBA menjelaskan, komoditi pertanian, sangat penting untuk kehidupan masyarakat.

Meskipun selama ini petani Indonesia terbukti tangguh menghadapi krisis. Tapi dibutuhkan sumber daya pemuda yang mau terjun ke bidang pertanian. 

"Seperti yang kita lihat, petani kita banyak orang-orang yang lanjut usia. Nah, makanya dibutuhkan pemuda yang bisa memperhatikan kehidupan para petani. Kami dari Pemuda Tani Indonesia Lampung akan fokus mendampingi para petani agar mereka bisa sejahtera," ungkap Ahmad Giri Akbar, Kamis 12 Januari 2023.

Menurutnya, Regenerasi petani, termasuk merupakan problem umum yang dihadapi pada sektor pertanian Indonesia. Meskipun demikian, pihaknya yakin dengan berbagai program pertanian berbasis teknologi, minat pemuda ke sektor pertanian akan tumbuh.

"Mudah-mudahan, kehadiran pemuda tani indonesia dapat membantu para petani," Katanya.

Sementara, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekdaprov Lampung, Kusnardi, siap berkolaborasi dengan Pemuda Tani Indonesia Provinsi Lampung. Sebagai sentra pangan nasional, Lampung membutuhkan BBM banyak sumber daya manusia untuk terjun ke sektor pertanian.

"Apalagi Pemprov Lampung memiliki program Kartu. Petani Berjaya berbasis teknologi informasi dalam aplikasinya. Salah satu kendala pemakaian Kartu Petani Berjaya adalah banyaknya petani yang tak melek teknologi. Harapannya dengan banyaknya pemuda terjun ke sektor pertanian, pertanian berbasis teknologi informasi seperti ini dapat lebih maksimal meningkatkan produksi pertanian yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan petani," ucap Kusnardi yang juga Plt. Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung itu.

Terpisah, Ketua DPP Pemuda Tani Indonesia, G. Budisatrio Djiwandono mengatakan, kepengurusan Lampung, merupakan yang kedua dilantik secara nasional di era kepengurusannya. Untuk itu, dirinya berharap kepengurusan Lampung dapat menjadi barometer bagi provinsi lain baik dalam program maupun kinerja. 

"Pertanian ini harus diurus dari hulu sampai hilir. Ini semua ekosistem yang harus dibangun dari hulu ke hilir," pungkas Budisatrio. (Rls)