KONKRIT NEWS
08/03/23, 8.3.23 WIB
Last Updated 2023-03-08T10:48:59Z
politik

Terkait Waktu Konferwil Ke-XI NU, Prof Wan Jamaluddin: Belum Final

Advertisement


Pringsewu - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung berencana menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) XI. Sebelumnya, forum permusyawaratan tertinggi NU Lampung ini akan digelar pada 10-12 Maret 2023. 


Namun, saat dikonfirmasi, Pj. Ketua PWNU Lampung Prof. Wan Jamaluddin mengatakan bahwa waktu pelaksanaan kegiatan tersebut sampai saat ini belum final. “Ya, belum final,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2023).


Ia menjelaskan bahwa PWNU sedang melakukan koordinasi dengan PBNU dalam menentukan waktu dan tempat penyelenggaraan Konferwil tersebut. 


Sementara Ketua Panitia Pelaksana Konferwil Ke-XI, Safari Daud menjelaskan pihaknya sedang terus melakukan persiapan untuk sukses dan lancarnya acara tersebut. Panitia terus berkoordinasi dengan PWNU Lampung untuk memastikan semua berjalan dengan baik.


“Panitia masih menunggu hasil konsultasi PWNU dengan PBNU soal tempat dan tanggal pelaksanaan Konferwil,” jelasnya.


Konferwil tahun 2023 kali ini akan digelar berbeda dengan konferwil sebelumnya. Kepesertaan dalam Konferwil bukan saja melibatkan unsur PWNU dan PCNU di Lampung. Berdasarkan Peraturan Perkumpulan NU, Konferwil kali ini akan diikuti oleh pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU se-Lampung. Pasalnya, NU Lampung mendapatkan klasifikasi dan kategori A.


Terkait dengan Konferwil ini, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, H Taufik Qurrohim, berharap agar pelaksanaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XI PWNU Lampung tahun 2023 dapat dilaksanakan dengan maksimal dan berkualitas. Barometer berkualitasnya pelaksanaan Konferwil ini bisa terlihat dari maksimalnya persiapan, pelaksanaan, dan keputusan yang dihasilkan.


Hal ini menurutnya penting mengingat Konferwil kali ini juga tidak hanya dihadiri oleh unsur PCNU dan PWNU, tetapi juga melibatkan MWCNU Se-Provinsi Lampung. Terlebih, NU khususnya di Lampung ke depan akan menghadapi masalah yang semakin kompleks memasuki abad ke-2 ini. 


Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat diperlukan agar konferwil dapat dilaksanakan dengan sukses. "Tentu harus persiapan yang matang karena akan banyak yang hadir," katanya, Rabu (8/3/2023).


Panitia pelaksana dan Pengurus PWNU Lampung harus terus berkonsolidasi ke arah matangnya pelaksanaan dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Berkualitasnya persiapan untuk menyambut ribuan peserta Konferensi ini perlu dilakukan dengan komunikasi yang berkualitas pula. 


Terlebih komunikasi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang nantinya akan mengesahkan hasil kepengurusan PWNU Lampung lima tahun ke depan. Hal ini penting sebagai muara dari proses pelaksanaan Konferwil.


Sampai saat ini, lanjutnya, PWNU Pringsewu dan MWCNU Se-Kabupaten Pringsewu terus menunggu kepastian waktu dan tempat pelaksanaan Konferwil yang akan menjadi forum tertinggi dalam pengambilan keputusan di NU Lampung.


“Kami berharap pelaksanaan Konferwil PWNU Lampung Ke-11 dapat digelar dengan baik dan menghasilkan keputusan yang baik,” pungkasnya. (Red)