KONKRIT NEWS
21/07/18, 21.7.18 WIB
Last Updated 2018-07-21T04:19:24Z
Daerahpesawaran

Kades Pesawaran Giat Bangun Infrastrukutur Jalan dan Air Bersih

Advertisement

Pesawaran - Desa Pesawaran, Kecamatan Kedondong, bergeliat membangun infrastruktur jalan penghubung antar dusun dan air bersih, Jalan dibangun dengan rabat beton Berkualitas sesuai dengan ketentuan di dalam peraturan, dengan panjang 450 m yang terbagi di 3 Dusun yaitu Dusun Tanjung Sari, dusun Pesawaran dua, dan dusun Pantis sedangkan untuk air bersih di dusun empat, dusun lima dan dusun Tanjung Sari.

Dengan dibangunnya jalan antar dusun dengan rabat beton dan air bersih, diharapkan perekonomian masyarakat di desa itu tumbuh dan berkembang. Karena jalan merupakan akses penghubung yang vital untuk membawa hasil bumi masyarakat yang umumnya petani.

Desa Pesawaran dalam menggunakan dana desa (DD) 2018 difokuskan untuk membangun jalan rabat beton, membangun saluran air bersih dan talut.

"Prioritas pembangunan jalan rabat beton, lalu bangun drainase dan talut sebagai sarana penunjang agar jalan yang sudah dibangun tidak mudah rusak ada juga yang dari pemda dapat rehap balai desa dan kanalisasi wc," kata Kepala Desa Pesawaran H. Suroto.

Sarana dan prasarana yang dibangun di desa itu agar masyarakat makmur dan sejahtera. Program pembangunan Desa Pesawaran selaras dengan program Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, ST. 

"Program pembangunan selaras dengan program Pak Bupati untuk membangun desa yang mandiri," kata dia.

Masyarakat desa setempat diharapkan bisa menjaga dan merawat infrastruktur dan fasilitas desa yang menggunakan DD 2018 tahap pertama ini. "Kami harap masyarakat bisa menjaga dan merawat apa yang sudah dibangun," ujarnya.

Desa Pesawaran dalam waktu beberapa tahun ke depan seluruh jalan saling terhubung dengan rabat beton. 

"Target saya semua jalan sudah di rabat beton," kata dia.

Dia menjelaskan dalam lakukan perencanaan, pengelolaan dan laporan DD dengan transparan. Hal itu disebabkan agar seluruh lapisan masyarakat bisa mengawasi program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

"Semua pekerjaan kami pasang plang proyek sebagai satu syarat pembangunan dan untuk informasi masyarakat agar mengetahui penggunaan DD," katanya. (Suprihadi-KN)