KONKRIT NEWS
21/12/18, 21.12.18 WIB
Last Updated 2018-12-21T15:42:32Z
Daerahpesawaran

Cegah Pelanggaran, Panwascam Way Lima Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Advertisement

Pesawaran, (Lampung) - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Way Lima menggelar sosialisasi pengawasan pemilu dalam rangka pemilihan umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 Kepada Stakeholder di Aula Balai Desa Cimanuk, Jum'at (21/12/2018). 

Ketua Panwascam Way Lima, Yudi Ardiansyah mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memantapkan kesepahaman tentang proses tahapan dan pelaksanaan pemilu 2019.

"Kami dari Panwascam Way Lima  mengajak kepada pemangku kepentingan, baik itu di pemerintahan maupun nonpemeritah untuk bersama-sama mencegah terjadinya pelanggaran," katanya.

Selain pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu, ia mengajak kepada stakeholder, terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala desa untuk selalu bersikap netral dalam tahapan pemilu. Sekaligus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan sikap tersebut.

"Undang-undang desa sudah mengatur bahwa kepala desa bersama perangkatnya dilarang untuk ikut dalam politik praktis. Berangkat dari hal itu kita bercermin dari penyelenggaran pemilu sebelumnya, banyak kepala desa dengan dalil tidak tau ikut serta dalam politik praktis," tuturnya.

"Begitu juga dengan ASN yang banyak melakukan kegiatan politik praktis, padahal itu bukan tugasanya. Tugasnya adalah melayani masyarakat. Itu yang kita ingin sadarkan kepada ASN bahwa pelanggaran-pelanggaran sebelumnya tidak terulang lagi," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran, Ryan Arnando mengungkapkan, kegiatan serupa ini diadakan di 12 Kecamatan yang ada dikabupaten Pesawaran,. Tujuannya agar kualitas perhelatan demokrasi makin baik serta menciptkan kondisi Pemilu yang Aman dan Damai.

"Bawaslu mengajak seluruh Lapisan Masyarakat bersama-sama mengawasi  pemilu dan tidak melakukan pelanggaran pemilu serta mengajak stakeholder menciptakan Pemilu yang Aman dan Damai," pungkasnya. (Agung)