Dianakrobi
28/03/20, 28.3.20 WIB
Last Updated 2020-03-28T06:07:37Z
BeritaDaerahkesehatanPringsewu

Cegah Covid-19, Bupati Pringsewu Lakukan Vicon Dalam Rapat Koordinasi Kepada Seluruh Camat se-Kabupaten Pringsewu

Advertisement
PRINGSEWU|konkritnews.com
Pemerintah Kabupaten Pringsewu melakukan kegiatan melalui Video Conferences (Vicon) dalam Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten dan Kecamatan terkait Pencegahan Virus Corona (Covid- 19) kepada seluruh Camat se-Kabupaten Pringsewu yang dipimpin langsung oleh Bupati Pringsewu, Hi. Sujadi, di ruang rapat Sekdakab Pringsewu, Jum’at, (27/03/2020).
Dalam rapat ini, Bupati Pringsewu didampingi oleh Sekdakab Pringsewu, Drs. A. Budiman PM, M.M, Seluruh Kepala OPD, Danramil Pringsewu, serta perwakilan dari Polres Pringsewu.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari hasil Vicon seluruh Sekda se-Provinsi Lampung dengan Sekdaprov Lampung, Ir. Fahrizal Darminto, M.A, dan Wakil Gubernur Lampung pada hari Kamis 26 Maret 2020.

Sebelum rapat dimulai, Bupati Pringsewu melalui Kepala Dinas Kesehatan menginstruksikan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap semua peserta rapat yang hadir di ruang rapat Sekdakab Pringsewu.

Rapat dimulai dengan mendengarkan arahan dari Bupati Pringsewu terhadap seluruh peserta rapat yang hadir langsung maupun melalui Video Confrences.

Selanjutnya, diikuti dengan laporan dari setiap Kecamatan terhadap kondisi di wilayahnya masing-masing, perihal jumlah masyarakat yang masuk dalam PDP maupun ODP, serta langkah-langkah yang telah dilakukan oleh setiap Kecamatan dalam rangka pencegahan Covid-19.

Dalam arahannya, Bupati Pringsewu menyampaikan bahwa harap setiap Kecamatan tetap waspada, lakukan langkah-langkah pencegahan seperti penyemprotan cairan disinfektan, bekerjasama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, untuk menghindari kegiatan yang dapat menyebabkan berkumpulnya massa, serta melakukan screening orang masuk, baik pendatang maupun pemudik di daerahnya masing-masing, terutama untuk daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten lain.

Selain itu juga Kepada Para Camat untuk dapat mengidentifikasi dampak ekonomi dari himbauan tidak keluar rumah, khususnya untuk masyarakat yang mata pencahariannya pedagang, tukang becak, dan profesi sejenis lainya.

“Jangan sampai ada masyarakat yang tidak punya beras dan tidak makan karena tidak keluar rumah, yang nantinya malah menjadi pencuri untuk mencari makan.” Imbuhnya.

Sebelum rapat ditutup, Sekdakab Pringsewu juga menyampaikan kepada gugus tugas yang sudah dibentuk mulai tingkat Kabupaten sampai tingkat Kecamatan, agar dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Budiman menegaskan, kepada seluruh satuan gugus tugas untuk dapat bergerak cepat, “Jangan kebanyakan diskusi, tapi segera eksekusi”, tegasnya.

Selain itu, kepada seluruh Kepala OPD untuk segera melakukan Refocusing anggaran masing-masing dalam rangka upaya pencegahan Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pringsewu sesuai dengan tupoksi masing- masing.

Beliau juga berpesan kepada Dinas Kesehatan untuk tetap semangat dalam mengemban tugas besar ini, khususnya untuk para dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

Rapat ditutup dengan Clossing Statement dari Bupati Pringsewu yang menyampaikan, “Kegiatan Penanganan Covid-19 ini merupakan pekerjaan yang menguras banyak tenaga dan pikiran, namun mari kita niatkan ini sebagai ibadah, tetap semangat dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait baik Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat, Lembaga Vertikal maupun Lembaga Horizontal, Semoga Kabupaten Pringsewu selalu dalam lindugan Tuhan Yang Maha Esa,” tutup Bupati Pringsewu, Hi. Sujadi.
(ROBI/KN/RED)