Dianakrobi
30/08/20, 30.8.20 WIB
Last Updated 2020-08-31T12:02:05Z
Bandar LampungBeritaHukum dan Kriminal

Aksi Nyalakan Seribu Lilin, FPII Berharap Polri Segera Ungkap Pembunuhan Demas Laira

Advertisement

BANDAR LAMPUNG|konkritnews.com--Bentuk keprihatinan atas terbunuhnya Demas Laira dan maraknya kriminalisasi terhadap Insan Pers, FPII Lampung adakan aksi solidaritas di Tugu Adipura Bandar Lampung, Sabtu, (29/08/2020) malam.


Pengurus Sekretariat Wilayah (Setwil) Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Lampung mengadakan gerakan penyalaan seribu lilin.

Kegiatan tersebut diikuti beberapa Pengurus dan Anggota Kordinator Wilayah (Korwil) FPII Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Lampung.

Aksi ini sebagai bentuk keprihatinan atas terbunuhnya seorang jurnalis di Mamuju Sulawesi Barat yang bernama Demas Laira.

Pada acara tersebut, Setwil FPII Lampung secara tegas juga meminta kepada penegak hukum dalam hal ini pihak POLRI, agar segera dapat melakukan pengungkapan dan penangkapan pelaku pembunuhan Demas Laira.

Ketua Setwil FPII Lampung, Aminudin, mengatakan bahwa, kejadian yang menimpa Demas Laira adalah suatu bentuk bahwa saat ini Indonesia dalam keadaan darurat dalam kebebasan Pers.
Aminudin juga menambahkan, sebagai fungsi kontrol sosial dan sesuai dengan UU Pers No. 40 Tahun 1999, seharusnya semua pihak dapat memahami apa yang telah menjadi tugas seorang jurnalistik dengan tidak melakukan kriminalisasi dan intimidasi terhadap jurnalis.

Forum Pers Independent Indonesia akan selalu konsisten membela jurnalis tanpa membeda-bedakan Organisasi Pers dan Media-nya.

"Dengan adanya kejadian pembunuhan terhadap saudara kita, Demas Laira, kita dan rekan-rekan yang ada di Forum Pers Independent Indonesia meminta agar penegak hukum dapat segera melakukan penangkapan terhadap pelaku," ujar Aminudin.

Aminudin mengaprisiasi kekompakan seluruh Pengurus dan Anggota Korwil FPII dari Kabupaten/Kota yang sudah ikut hadir, dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak, sehingga kegiatan penyalaan seribu lilin dapat berjalan dengan aman dan lancar.


Sumber : Setwil FPII Lampung
Editor : ROBI