KONKRIT NEWS
18/02/21, 18.2.21 WIB
Last Updated 2021-02-18T05:09:43Z
Metro

Pemprov Lampung Tunjuk Misnan Sebagai PLH Walikota Metro

Advertisement


Metro (Lampung) - Diketahui, ada delapan kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 lalu yaitu Metro, Bandarlampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Pesawaran, Waykanan dan Pesisir Barat.Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menunjuk Misnan sebagai Pelaksana Harian ( Plh ) Walikota Metro.


Serah terima tugas oleh Wakil Gubernur Provinsi Lampung, Chusnunia Chalim,secara langsung kepada Plh Bupati/Walikota,yakni Misnan sebagai Plh Walikota Metro di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung,Rabu ( 17/02/2021 ).


Penugasan Pj Sekretaris Daerah Kota Metro selaku Plh Walikota Metro tertuang dalam SK Gubernur Lampung No.130/0594/01/2021 tanggal 16 Februari 2021. Penugasan atas dasar Surat Menteri Dalam Negeri No. 120/738/OTDA tanggal 3 Februari 2021 hal Penugasan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Daerah.


Dalam sambutannya,Chusnunia Chalim selaku Wagub Lampung,menyampaikan bahwa sesuai SK Gubernur Lampung, Plh Walikota Metro melaksanakan tugas sehari-hari terhitung sejak tanggal 17 Februari 2021 hingg dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota Metro terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2020.


“ Guna mengantisipasi kekosongan jabatan Bupati/Walikota sampai dengan dilantiknya pejabat Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota terpilih, maka sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri, Pemprov Lampung menunjuk Sekda dari 8 Kabupaten/Kota untuk menjadi Plh,” kata Wagub Chusnunia.


Wagub menambahkan, Pelaksana Harian yang sudah ditunjuk tidak bisa melakukan kebijakan strategis seperti mengubah anggaran dan melakukan perubahan struktur pejabat. Namun jika dalam keadaan mendesak, maka semua harus mendapatkan ijin dari Kemendagri.


“Mengingat dalam situasi Covid-19, pesan dari pak Gubernur, Plh agar lebih giat untuk mensosialisasikan protokol kesehatan dengan memaksimalkan peran Satgas Covid-19 sampai tingkat desa dan kelurahan,” ujar Chusnunia Chalim.


Kemudian,ia juga mengatakan bahwa Plh juga memiliki tugas untuk memimpin urusan pemerintah, menjaga ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta menjamin pelayanan publik agar berjalan lancar.


“Selamat bertugas Plh Walikota dan Plh Bupati, kami berpesan untuk sungguh-sungguh dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas ,” tutupnya.


(Samidi/Kn)