KONKRIT NEWS
16/03/21, 16.3.21 WIB
Last Updated 2021-03-16T14:20:22Z
Oku Selatan

Aryo Semendaway Resmi Nahkodai DPD GMPK Oku Selatan

Advertisement


Oku Selatan - Irjen.Pol. (Purn) DR. H. Bibit Samad Rianto., M.M yang merupakan Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia resmi melantik Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (DPD GMPK) Kabupaten OKU Selatan, Selasa (16/3/2021), dirinya merupakan pimpinan pusat LSM GMPK.


Dilakukan secara Virtual Zooming dan tetap mematuhi protokol kesehatan, Pelantikan dilaksanakan di Aula Wisma Varita Pusri Danau Ranau Kecamatan BPR Ranau Tengah Kabupaten OKU Selatan.


Hadir pada Kesempatan tersebut Camat Banding Agung Adi Saputra SH, Kapolsek Banding Agung  Iptu Abu Sama, SH yang diwakili oleh Bripka Siswanto, Ketua MUI Kecamatan BPR Ranau Tengah Sarwani Ibrahim, Kepala UPT Pariwisata Nadirsyah, Dewan Pengawas DPD GMPK OKU Selatan Aljuandi, S. Sos,para anggota pengurus GMPK DPD Oku Selatan yang akan dilantik,perwakilan Kepala Desa Se-Ranau raya serta tamu undangan lainnya.


Sutaryo selaku Ketua DPD GMPK OKU Selatan yang baru saja dilantik mengatakan untuk tidak alergi terhadap LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).


"Hadirnya GMPK di OKU Selatan bukan seakan-akan untuk membuat resah atau mengganggu apa yang menjadi tujuan Program pembangunan baik itu dari Pemerintah Daerah maupun di desa-desa, Melainkan hadirnya GMPK di OKU Selatan ini adalah sebagai dari penyeimbang, sebagai mitra dari masyarakat yang ingin ikut serta membantu dan memperlancar program pemerintah baik dari Pemerintah Pusat sampai ke daerah bahkan ketingkat paling bawah seperti desa-desa, jadi jangan alergi terhadap LSM," Ungkap Aryo sapaan akrabnya.


Selanjutnya  "serta mendorong penegak hukum untuk melaksanakan tugas sebagai mana fungsi dan kode etik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik eksekutive, Legislatif, dan yudikatif," pungkasnya.


Sementara itu, Dalam pidato yang disampaikan langsung oleh Ketua DPP GMPK Irjen.Pol. (Purn) DR. H. Bibit Samad Rianto., M.M dirinya mengatakan, "tujuan didirikannya GMPK ini adalah bertujuan pertama yakni meningkatkan peran serta masyarakat madani dalam pencegahan dan penangkalan tindak pidana korupsi. 


Kedua mendorong para fungsionaris seperti Eksekutive, legislatif, dan yudikatif untuk melaksanakan tupoksinya masing-masing dan mendorong aparat birokrasi agar lebih aktif mencegah tindak pidana korupsi." Singkat mantan Wakil Ketua KPK yang saat ini menjabat sebagai Ketua Satgas Dana Desa dan mantan Kapolda Kalimantan Timur Irjen.Pol. (Purn) DR. H. Bibit Samad Rianto., M.M.


Dalam kesempatan yang sama pula, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan yang diwakili oleh Camat Banding Agung Adi Saputra, SH. mengucapkan selamat atas telah dilantiknya pengurus DPD GMPK OKU Selatan dan mengapresiasi atas telah dibentuknya GMPK di OKU Selatan.


"Saya ucapkan selamat atas telah dilantiknya atau dikukuhkannya Pengurus DPD GMPK OKU Selatan yang secara sama-sama tadi kita saksikan, kami mengapresiasi hal tersebut dan mengharapkan agar DPD GMPK OKU Selatan dapat bersinergi dengan Pemerintah serta menjadi agen perubahan dan control sesuai dengan AD/ART dan kode etik yang berlaku," Pungkas Camat Banding Agung Adi Saputra, SH.


( YL/KN )