KONKRIT NEWS
06/04/21, 6.4.21 WIB
Last Updated 2021-04-06T09:12:11Z
Sumatera Selatan

Lapas Kelas IIB Muara Dua Adakan Razia

Advertisement


MUARA DUA - Dalam rangka memperingati HUT Pemasyarakatan ke 57, Jajaran Lapas kelas IIB dibantu dengan perwira dan diback up oleh puluhan anggota polres oku selatan lakukan razia terhadap penghuni warga binaan di lingkungan Lapas. Dengan menerjunkan sebanyak 80 personel yang terdiri dari 30 petugas lapas dan dibantu sebanyak 50 personel dari satuan Polres OKU Selatan, Selasa (6/4/2021).


Kalapas kelas IIB Muara Dua OKU Selatan Sumsel, Surahmat, Am.d.IP., S.Sos didampingi Kabag Ops. Polres OKU Selatan Akp. Hardan memimpin langsung razia terhadap warga binaan di Lapas tersebut.


Pantauan awak media, Razia dimulai pukul 11.00 s.d 12.00 Wib, petugas menyisir dan menggeledah tiap-tiap blok yang dihuni warga binaan. Dari hasil penggeledahan, petugas berhasil menyita beberapa macam barang yang dilarang masuk ke dalam lapas yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban bagi penghuni lapas.


Kalapas kelas IIB Muara dua OKU Selatan Surahmat, Am.d.IP., S.Sos menjelaskan, razia tersebut dalam rangka HUT Pemasyarakatan ke-57, dimana razia itu dilakukan secara serentak di 18 kantor wilayah yang berlangsung pada tanggal 5-6 April 2021, yang bertujuan menjaga komitmen untuk menciptakan pemasyarakatan maju, yaitu dengan deteksi dini memberantas narkoba untuk menciptakan sinergitas APH (aparat penegak hukum), jelas Kalapas. 


Ada beberapa barang yang ditemukan pada saat razia diantaranya sendok, garpu, potong kuku, sikat gigi, kaca, jarum, dan alat kosmetik berupa bedak. Ketika ditanya apakah akan ada sanksi yang akan diterapkan bagi penghuni lapas yang kedapatan membawa barang yang dilarang, kalapas menjawab pihaknya akan berikan sangsi  berupa teguran terlebih dahulu.


Usai menggelar razia Kalapas Kelas IIB Muara Dua, OKU Selatan menambahkan, "kami membuka pintu selebar - lebarnya kepada masyarakat bila ada laporan - laporan yang tidak sesuai dari lapas atau melanggar ketentuan yang seharusnya. Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada satuan Polres OKU Selatan yang sudah membantu kami dalam razia kali ini, sehingga kegiatan  berjalan aman, tertib dan terkendali," pungkas Kalapas. (YL/KN)