07/05/21

KNPI MINTA PON XX DI PAPUA DITUNDA

Loading...

 


Pesawaran - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI) meminta kepada Presiden untuk menunda pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke XX Papua. 

Penundaan ini bukan hanya karna indonesia sedang mengalami masalah pandemi covid 19, akan tetapi kondisi keamanan di Papua yang masih genting.  

Demikian dikemukakan Matrohupi A. Hurai, Ketua KNPI kabupaten Pringsewu, kepada awak media. 

Menurutnya, Keselamatan Jiwa Atlet lebih utama dan wajib dijaga diatas Prestasi olahraga. 

"Keselamatan Jiwa Atlet itu utama, perdoalan prestasi olahraga, itu Sunnah, jadi masih bisa ditunda tahun depan," jelas Mantan Sekretaris KONI kabupaten Pesawaran ini. 

Oleh karenanya, Bang Ipi - sapaan akrabnya- berharap Pemerintah dapat melakukan rapat evaluasi dan mengambil kebijakan strategis dengan pertimbangan kemanusiaan. 

Pertama, lanjut ketua PBSI pesawaran ini,  soal Pandemi yang sampai saat ini belum tuntas. Jangan sampai PON XX akan menjadi cluster baru bagi penyebaran virus Corona. 

Kedua, ancaman kelompok  KKB yang sampai saat ini masih dalam penanganan, dan juga belum tuntas. Dan keamanan ini menyangkut Jiwa panitia dan Atlet yang akan bertanding. 

" Saya yakin, Presiden akan ambil langkah strategis untuk menunda pelaksanaan PON ke XX Papua, demi keselamatan anak bangsa," harap Bang Ipi. 

Ditambahkannya, jika pemerintah memaksakan untuk melaksanakan dimasa sekarang, berarti akan kontra produktif terhadap kebijakan nasional dalam mencegah penyebaran covid 19. 

" Selain covid, ini persoalan nyawa anak bangsa, saya yakin saudara saya yang di Papua juga kan memaklumi kondisi ini." 

Sebelumnya,  Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) meminta pemerintah dan Presiden Jokowi untuk membatalkan penyelenggaraan PON di Papua.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk merencanakan dengan detail terkait penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI yang akan diselenggarakan di Provinsi Papua. 

Aspek keamanan dan keselamatan atlet serta perangkat penyelenggara menjadi perhatian serius bagi pemerintah.

Bahkan, dalam rapat terbatas persiapan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI pada Senin, 15 Maret 2021, di Istana Merdeka, Jakarta, penyelenggaraan PON XX direncanakan pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021 mendatang. (Rls/KN)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.