KONKRIT NEWS
02/05/21, 2.5.21 WIB
Last Updated 2021-05-02T11:17:28Z
Bandar LampungDPRD Lampung

Lomba Tulis Cerpen, Cara Ade Peringati Hardiknas Saat Pandemi Covid-19

Advertisement

Bandar Lampung - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2021 masih diselimuti wabah Covid-19 yang sudah merenggut banyak jiwa. Hal itulah yang menjadikan peringatan Hardiknas kali ini masih belum bisa di ekpresikan dengan berbgai macam cara terlebih suatu kegiatan besar yang menimbulkan keramaian. Jangankan membuat kegiatan besar, sekolah pun saat ini masih dilakukan secara daring atau online yang sudah jelas proses belajar mengajar tidak efektif. 

Meskipun begitu, bertepatan dengan Hardiknas 2 Mei 2021, salah satu pegiat literasi di Provinsi Lampung Ade Utami Ibnu menyelenggarakan lomba menulis cerpen bagi siswa-siswi yang saat ini bosan belajar online.

“Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional saya  menyelenggarakan lomba menulis cerpen untuk para pelajar SD dan SMP, ada 3 tema yang diangkat yaitu; Ayo Membaca, aku Bosan Sekolah Online, dan Lebaran Ditengah Pandemi Covid-19," paparnya, Minggu (2/5/2021) pagi.

Pegiat Literasi yang juga Anggota DPRD Provinsi Lampung itu mengatakan tujuan dari menyelenggarakan lomba yakni tidak lain dan tidak bukan untuk membiasakan anak-anak sejak dini  rajin menulis dan membaca. 

"Mudah-mudahan dengan menulis, dia juga mau dan rajin membaca," ucap Ade.

Lomba akan dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Mei 2021 hingga 2 Juni 2021 dan untuk pemenang akan diumumkan pada 10 Juni 2021.

"Waktunya cukup lama mulai dari hari ini sampai 2 Juni dan karya yang dibuat merupakan karya yang  bersifat orisinil belum pernah dan tidak sedang dilakukan pada lomba lain kemudian panjang naskah maksimal 2 halaman kuarto untuk SMP dan 1 halaman untuk SD," terangnya lagi. 

Kemudian naskah  yang akan di lombakan dikirimkan ke email: mobilbacaade@gmail.com atau WA: 0811722898 dan  follow akun Instagram (@Ade_ui) atau Facebook Ade Utami Ibnu.

"Selain itu sertakan tag dan repost info lomba menulis cerpen ini minimal ke 10 teman di instagram dan facebook, bukti tag dan repost dapat di Screenshot dan dikirimkan ke contact person (0811 722 898 (Ade ku),  lalu untuk semua hasil karya akan diterbitkan menjadi buku,"  jelasnya. 

Untuk pemenang lomba masing-masing kategori peserta dan tema akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

"Hadiah untuk pemenang lomba adalah uang tunai sebesar Rp.500.000,- untuk juara pertama, Rp.450.000,- juara kedua, dan Rp.400.000,- untuk juara ketiga, serta Rp.250.000,- untuk juara harapan," jelasnya.

Ade Utami Ibnu berharap dengan diadakannya lomba tersebut dapat membentuk karakter anak-anak menjadi lebih rajin, pintar, kuat dan tangguh, sehingga dapat membawa bangsa dan negara keluar dari zona krisis.

"Saya berharap dengan adanya lomba ini terbentuk karakter anak-anak yang kuat dan tangguh yang bisa membawa bangsa dan negara ini keluar dari zona krisis," tutup Politisi Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Lampung itu. (Putra/KN)