KONKRIT NEWS
18/08/21, 18.8.21 WIB
Last Updated 2021-08-18T11:22:30Z
Lampung Timur

Pemkab Tanggamus Gelar Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan Dalam Rangka Peringatan HUT RI Ke-76

Advertisement

 


TANGGAMUS--Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) Ke-76, Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Upacara Pemkab Tanggamus, Selasa, (17/08/2021).

Upacara peringatan HUT RI tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni hanya diikuti oleh Forkopimda dan pejabat terkait, dengan menerapkan protokol kesehatan.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M, Komandan Upacara, Letda. Kav. Mahroi dari Kodim 0424/Tanggamus dan Perwira Upacara, Kapten. Inf. Juliani Abri yang juga Danramil Talangpadang.

Adapun petugas pengibar bendera dari Paskibraka Kabupaten Tanggamus, yakni : Nurhaliza Pratiwi sebagai pembawa bendera, pelajar SMAN 2 Kotaagung, lalu Riki Rahman Mahmuddah sebagai pembentang bendera, pelajar SMA Muhammadiyah Kotaagung, dan Jihan Kristian Hutabarat, sebagai penggerek bendera, pelajar SMK Bumi Nusantara Wonosobo.


Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafi’i, Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan, S.Sos, Kapolres Tanggamus, AKBP. Satya Widhi Widharyadi, S.I.K, Dandim 0424/Tanggamus, Letkol. Inf. Arman Aris Sallo, serta Pimpinan Instansi Vertikal.

Sementara Sekdakab Tanggamus, Drs. Hamid H Lubis, M.Si, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Camat, serta Pimpinan BUMD, Ormas dan Organisasi Keagamaan, mengikutinya secara virtual dari ruang kerjanya masing-masing.


Bupati dalam amanatnya mengatakan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-76, diharapkan seluruh masyarakat Tanggamus dapat meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa dengan lebih meningkatkan daya juang terhadap bangsa dan negara, serta mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, demi Indonesia yang lebih maju.

Bupati juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus Covid-19 dengan terus disiplin terhadap protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, dilakukan juga penyerahan secara simbolis remisi kepada para warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kotaagung, yang diterima oleh Kalapas Kelas II B Kotaagung, Beni Nurahman. Terdapat 264 warga binaan yang menerima Remisi Umum (RU) I dan 3 orang yang menerima RU.II dan 1 orang yang langsung bebas.


Usai pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI, Bupati, Forkopimda dan Pimpinan Instansi Vertikal, melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bahagia, Kotaagung. Prosesi ziarah diawali dengan Upacara Penghormatan kepada para Pahlawan yang dipimpin oleh Dandim 0424/Tanggamus, Letkol. Inf. Arman Aris Sallo, yang dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan dan tabur bunga di makam para Pahlawan.

Masih dalam rangkaian Peringatan HUT RI Ke-76, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Tanggamus mengikuti secara virtual, Upacara Peringatan Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dari Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Tanggamus.


Kegiatan ini juga diikuti Sekdakab, para Kepala OPD, Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Darma Wanita Persatuan, Pimpinan BUMD, Ormas, dan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Tanggamus secara vitual meeting dari ruang kerjanya masing-masing.

Dalam kegiatan ini, selain para peserta mengikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi, juga mengambil sikap sempurna ditempatnya masing-masing saat pengibaran Sang Saka Merah Putih dilakukan.

Usai kegiatan, Bupati menyerahkan tali asih kepada Legiun Veteran Kabupaten Tanggamus, sebagai salah satu bentuk kepedulian dan apresiasi atas perjuangan para veteran di masa merebut kemerdekaan dahulu.

Rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI di Kabupaten Tanggamus ditutup dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Pemkab Tanggamus, Selasa sore, (17/08/2021).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapolres Tanggamus, AKBP. Satya Widhy Widharyadi, S.I.K, dengan Komandan Upacara, Ipda. Sukarjo (KBO Sabhara Polres Tanggamus) dan Perwira Upacara, AKP. Sururudin (Kasat Sabhara Polres Tanggamus).

Adapun petugas penurunan bendera dari Paskibraka Kabupaten Tanggamus yakni : M. Hadid Nabil, sebagai penggerek bendera, pelajar SMKN 1 Talangpadang, lalu Ananda Fery Kurniawan, sebagai pelipat bendera, pelajar SMAN 1 Kotaagung dan Vidy Putri Darmawan, sebagai pembawa bendera, pelajar SMAN 2 Kotaagung.


Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M, Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafi’i, Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan, S.Sos, Dandim 0424/Tanggamus, Letkol. Inf. Arman Aris Sallo, serta Pimpinan Instansi Vertikal.

Sementara Sekdakab Tanggamus, Drs. Hamid H Lubis, M.Si, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Camat, serta Pimpinan BUMD, Ormas dan Organisasi Keagamaan, mengikutinya secara virtual.

Dengan usainya Upacara Penurunan Bendera ini, maka usailah rangkaian kegiatan peringatan HUT RI Ke-76 di Kabupaten Tanggamus, yang dilaksanakan sejak Senin kemarin.

(ADV)