KONKRIT NEWS
05/10/21, 5.10.21 WIB
Last Updated 2021-10-11T16:40:58Z
DPRD Lampung

DPRD Dorong Pemprov Berikan Penghargaan Kepada Para Atlet

Advertisement

Bandar Lampung - Provinsi Lampung saat ini urutan ke 9 dari 33 provinsi yang mengikuti PON XX di Tanah Papua, dengan perolehan 4 medali emas dan 1 medali perak.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda mengatakan, Lampung saat ini urutan ke-9 dari 33 Provinsi yang mengikuti PON dengan perolehan 4 medali emas dan 1 medali perak. 

"Kita saat ini berada posisi ke 9 secara nasional dan berada di bawah Provinsi Sumatera Utara dengan memperoleh enam emas. Target kita kemarin kan ada di 10 besar dan semoga ini bisa terus meningkat," kata Descatama, saat dikonfirmasi, Selasa (05/10/2021 ).

Ia mengungkapkan, pada perhelatan PON XX di Tanah Papua ini Provinsi Lampung mengirimkan 138 atlet yang berlaga pada 26 cabang olahraga dan 6 cabang olahraga eksibisi. 

"Ini masih ada beberapa yang belum berlaga seperti ada senam dua orang lagi, angkat besi juga, tinjau perempuan masih ada. Semuanya sangat mungkin untuk mendapatkan emas. Kita harapan yang terbaik kalau bisa kita berada di lima besar," terangnya.

Ia juga mengatakan jika Pemprov Lampung akan memberikan penghargaan kepada para atlet yang telah berhasil mengharumkan nama Lampung di kancah nasional. 

"Kalau untuk penghargaan InsyaAllah akan diberikan. Namun untuk penghargaan apa dan berapa nominalnya menjadi kebijakan pak Gubernur," tulisnya. 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) juga mendorong Pemprov Lampung untuk memberikan penghargaan kepada para atlet yang berprestasi yang mengharumkan nama Lampung pada perhelatan PON ke XX yang berlangsung di Papua.

"Pemprov Lampung memang sudah sepantasnya memberikan penghargaan atau reward," kata anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Deni Ribowo.

Menurutnya, untuk besaran penghargaan tersebut diserahkan kepada pemerintah Provinsi Lampung yang dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah terlebih saat ini tengah berada di masa pandemi Covid-19.

"Kemarin juga KONI menyampaikan bahwa akan ada penghargaan yang akan diberikan kepada para atlet ini. Kita tunggu saja semoga terealisasi. Sementara untuk besarannya dapat disesuaikan dengan keuangan daerah," lanjutnya. 

Politisi Partai Demokrat tersebut juga berharap agar Pemprov Lampung tidak hanya memberikan penghargaan jangka pendek saja. Namun juga jangka panjang agar para atlet memiliki masa depan yang cerah ketika tidak lagi menjadi atlet.

"Semisal dia mau bergabung menjadi anggota TNI atau Polri tentunya ini bisa diberikan dukungan, fasilitas dan juga kemudahan. Sehingga masa depan mereka akan terjamin. Ini yang utama menurut kami," pungkasnya. (Rls/KN)