KONKRIT NEWS
25/02/22, 25.2.22 WIB
Last Updated 2022-02-25T16:23:29Z
edukasiNasional

Viral, Ini 6 Keutamaan Manfaat Adzan Yang Harus Diketahui

Advertisement

 

Foto Ist

Indonesia -Viralnya pemberitaan tentang kumandang azan dan gonggongan anjing menjadikan banyak pihak berkomentar. Namun, diluar peristiwa ini yang perlu dipahami yaitu arti dan keutamaan azan.

Dari segi bahasa, azan berarti pengumuman dan secara syar’i yaitu pengumuman masuknya waktu salat dengan ucapan (zikir) tertentu. Sedangkan keutamaan azan banyak yang belum mengetahui. Lantas, apa saja keutamaan azan?

Sebagaimana dilansir dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

1. Setan Menjauh Saat Mendengar Azan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Apabila azan dikumandangkan, maka setan berpaling sambil kentut hingga dia tidak mendengar azan tersebut. Apabila azan selesai dikumandangkan, maka ia pun kembali. Apabila dikumandangkan iqomah, setan pun berpaling lagi. Apabila iqamah selesai dikumandangkan, setan pun kembali, ia akan melintas di antara seseorang dan nafsunya. Dia berkata, ‘Ingatlah demikian, ingatlah demikian untuk sesuatu yang sebelumnya dia tidak mengingatnya, hingga laki-laki tersebut senantiasa tidak mengetahui berapa rakaat dia salat. Apabila salah seorang dari kalian tidak mengetahui berapa rakaat dia salat, hendaklah dia bersujud dua kali dalam keadaan duduk.” (HR Bukhari Nomor 608 dan Muslim 389)

Ibnul Jauzi mengatakan: “Suara azan membuat setan takut sehingga pergi menjauh. Karena dalam kumandang azan sulit terjangkit riya’ dan kelalaian. Hal ini berbeda dengan salat, hati mudah diserang oleh setan dan ia selalu memberikan pintu waswas.” Sampai-sampai Abu ‘Awanah membuat judul suatu bab “Dalil bahwa orang mengumandangkan azan dan iqamah tidak dihinggapi was-was setan dan sulit terjangkit riya’ karena setan menjauh darinya.” (Fath Al-Bari, 2:87)

2. Orang yang Mendengar Azan akan Menjadi Saksi bagi Muazin pada Hari Kiamat

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Tidaklah suara azan yang keras dari yang mengumandangkan azan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendegarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat.” (HR Bukhari Nomor 609)

Termasuk juga di sini jika yang mendengar adalah hewan dan benda mati sebagaimana ditegaskan dalam riwayat Ibnu Khuzaimah.

Dalam riwayat lain disebutkan: “Muazin diberi ampunan dari suara kerasnya saat azan serta segala yang basah maupun yang kering akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat.” (HR Abu Dawud Nomor 515; Ibnu Majah 724; dan An-Nasai 646. Sanad hadis ini hasan sebagaimana dinilai oleh Al-Hafizh Abu Thahir)

”Termasuk juga yang mendengarnya adalah malaikat karena sama-sama tidak terlihat seperti jin”. (Lihat Fath Al-Bari, 2:88-89)

3. Kalau Tahu Keutamaan Azan Pasti akan Jadi Rebutan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Seandainya setiap orang tahu keutamaan azan dan shaf pertama, kemudian mereka ingin memperebutkannya, tentu mereka akan memperebutkannya dengan berundi.” (HR Bukhari Nomor 615 dan Muslim 437)

Imam Nawawi rahimahullah berkata: “Yang dimaksud hadis adalah seandainya mereka mengetahui keutamaan azan, keagungan dan balasannya yang besar, kemudian waktu azan sudah sempit atau masjid hanyalah satu, pastilah mereka saling merebut untuk azan dengan cara mengundi.” (Syarh Shahih Muslim, 4:142)

4. Keadaan Muazin yang Istimewa pada Hari Kiamat

Dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Seorang muazin memiliki leher yang panjang di antara manusia pada hari kiamat.” (HR Muslim Nomor 387).

Ada yang mengatakan bahwa maknanya adalah orang yang paling banyak menampakkan rahmat Allah SAW. Ada juga ulama yang menafsirkan bahwa yang dimaksud adalah orang yang paling terlihat banyak mendapatkan pahala. (Syarh Shahih Muslim, 4:84)

5. Muazin Diampuni oleh Allah dan Dimasukkan ke Surga Kelak

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Rabb kalian begitu takjub terhadap si pengembala kambing di atas puncak gunung yang mengumandangkan azan untuk salat dan ia menegakkan salat.

Allah SWT pun berfirman,: ‘Perhatikanlah hamba-Ku ini, ia berazan dan menegakkan salat (karena) takut kepada-Ku. Karenanya, Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku ini dan aku masukkan ia ke dalam surga’.” (HR Abu Dawud Nomor 1203 dan An-Nasai 667. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadis ini sahih)

6. Muazin Lebih Utama daripada Imam

Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda yang artinya: Imam adalah penjamin sedangkan muazin adalah orang yang diamanahi. Semoga Allah memberikan petunjuk kepada para imam dan mengampuni para muazin.” (HR Ibnu Hibban dalam Shahih-nya Nomor 1669, dan hadis ini disahihkan oleh Syekh Al-Albani rahimahullah dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib nomor 239)

Hadis ini dan sebelumnya menunjukkan bahwa seorang muazin lebih utama daripada seorang imam. Karena yang namanya amanah lebih tinggi daripada memberi jaminan, juga maghfirah (ampunan) lebih utama daripada irsyad (petunjuk).

Yang menjadi pendapat dalam Mazhab Syafii, muazin lebih utama daripada imam berdasarkan pertimbangan dalil-dalil yang ada. Sampai-sampai Umar bin Khattab berkata: “Seandainya aku bukanlah khalifah (yang mesti jadi imam salat, pen), tentu aku akan mengumandangkan azan.” (Lihat Al-Mughni, 2:54-55)

Dalam Al-Mufhim (7:2), Imam Al-Qurthubi menyatakan bahwa dalam azan itu diumumkan tiga hal: (1) Masuknya waktu salat, (2) Mengajak salat berjamaah dan berkumpul pada suatu tempat, (3) Menampakkan syiar-syiar Islam.

Wallahu a’lam bishawab.