KONKRIT NEWS
24/06/22, 24.6.22 WIB
Last Updated 2022-06-24T14:36:04Z
pesawaran

Danbrigif 4 Marinir/BS Panen Raya Padi Wujud Kerja Nyata Sukseskan Program Pemerintah

Advertisement

 


Pesawaran - Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Harry Indarto didampingi Perwira Staf Operasi (Pasops) Brigif 4 Marinir/BS Letkol Marinir James Munthe, Danyonif 9 Marinir Mayor Marinir Piski Ade Putra bersama Kelompok Tani binaan dalam rangka Program Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) TNI AL di Jajaran Brigif 4 Marinir/BS, Terkhusus Yonif 9 Marinir melaksanakan panen raya padi dengan peningkatan produksi tanam untuk mensejahterakan Prajurit dan keluarga masyarakat sekitar untuk menuju swasembada pangan Nasional, di Desa Batumenyan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran Lampung. Jumat(24/06).


Kegiatan ketahanan pangan ini merupakan kerjasama Satuan - satuan yang berada di Jajaran Brigif 4 Marinir/BS, Yonif 9 Marinir bersama Pemda Pesawaran di bidang pangan dan masyarakat Kelompok Tani Yonif 9 Mar/Beruang Hitam. Sesuai Perintah Harian KASAL yakni Bersinergi menuju kesemestaan. Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Harry Indarto mengatakan " Adapun Varian padi yang kita tanam adalah jenis varian Situ Bagendit yang merupakan padi lokal namun berkualitas eksport.


Sawah yang dikelola oleh anggota dan kelompok tani ini seluruhnya berjumlah 22 Ha, dan baru di panen pada hari ini sekitar 10000 M2 tanaman Padi berjenis Situ Bagendit diperkirakan mampu menghasilkan 6,5 Ton Padi. 


"Harapan kami keluarga Besar Brigif 4 Marinir/BS terutama di wilayah binaan Yonif 9 Mar/Beruang Hitam, melalui Panen Raya Padi ini, menunjukkan sebuah fakta nyata bahwa setiap usaha dan kerja keras akan mendatangkan hasil yang memuaskan, selain itu untuk menarik minat masyarakat setempat untuk bertani menanam Padi atau yang lainnya," ungkap Kolonel Harry.


Kegiatan hasil panen Padi tersebut rencananya diberikan kepada anggota Prajurit dan masyarakat Kelompok Tani  yang ikut mengerjakan sawah tersebut. Dan sebagian akan di pasarkan di Black Bear Market secara umum dengan harga terjangkau.