06/08/22

Bupati Lambar Hadiri Pengajian Akbar Memperingati Tahun Baru Islam 1444 H

Loading...

 


Lampung Barat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat menggelar Pengajian Akbar memperingati tahun baru islam 1 Muharam 1444 H Sabtu 6/8/2022 di Masjid Al-Ikhlas Dusun Cangkah Kanan Pekon Pahayu Jaya Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Lampung Barat (Lambar). 

Hadir dalam acara tersebut  Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Ketua Majelis Ta'lim Baitul Mukhlisin Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Peratin, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Jama'ah yang turut hadir pada pengajian tersebut. 

Pengajian akbar tersebut dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah dengan tema "Iman dan Ketaqwaan Sebagai Pondasi Kuat Mewujudkan Masyarakat Hebat"

Dalam pengajian akbar tersebut, Parosil menyerahkan bantuan santunan kepada 15 anak yatim piatu, 10 lansia, 10 Al-Qur'an untuk Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al- Iman dan Nurul Huda, 200 lembar bendera merah putih, dan dana tunai terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pekon Pahayu Jaya, yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lambar. 

Pada kesempatan itu Pakcik sapaan akrab bagi Bupati Lampung Barat memaparkan sejumlah capaian dari Pitu (Tujuh) Program Unggulan yang telah dicanangkan Pemkab Lambar dalam memajukan daerah. 

Pitu Program Unggulan tersebut yakni Peningkatan Infrastruktur Mantap, Penataan Kota Liwa Sebagai Kota Budaya, Semua Bisa Melanjutkan Sekolah, Pelayanan Masyarakat Sehat, Mensejahterakan Petani, Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik, dan Peningkatan Iman dan Taqwa. 

Selain program unggulan, Pemkab Lambar juga mempunyai Tiga (3) Komitmen yaitu Kabupaten Tangguh Bencana, Kabupaten Literasi dan Kabupaten Konservasi. 

Menurut Parosil, dari Pitu program tersebut yang paling penting adalah program pada point ke-tujuh, yakni "Meningkatkan Iman dan Taqwa"  salah satunya dengan melakukan kegiatan pengajian. 

Menurut Parosil kegiatan pengajian seperti ini selain untuk mengimplementasikan program yang ketujuh, juga untuk menjalin ikatan silaturahmi, mencari ilmu serta wadah masyarakat menyampaikan informasi dan aspirasi.

Pakcik berharap melalui pengajian tersebut kedepannya akan lebih menumbuhkan rasa kecintaan pada nilai-nilai keagamaan dan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik dalam tuntunan ajaran agama Islam. 

Selanjutnya, Bupati Lambar mengatakan dengan silaturahmi dalam majelis pengajian seperti ini mempunyai dampak yang positif untuk ketenangan rohani. 

Selain itu, menurut Parosil yang tidak kalah pentingnya juga Program "Semua Bisa Sekolah", karena menurut pak Bupati Pendidikan itu penting, pendidikan merupakan salah satu modal utama dalam memajukan suatu daerah. 

Parosil menyampaikan bahwa Program Semua Bisa Sekolah ini memberikan bantuan berupa Seragam Gratis dan beasiswa kedokteran serta beasiswa seni dan budaya. 

"kita berikan seragam gratis masing-masing tiga setel untuk anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), " ujarnya.

"Alhamdulillah program ini berjalan dengan lancar dan sudah dirasakan manfaatnya oleh lapisan masyarakat Lambar, " ungkapnya.

Lanjut parosil, program Semua Bisa Sekolah ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat, karena sejauh ini dari 13 (tiga belas)  Kabupaten kota dan 2 (dua)  kota Madya baru di Kabupaten Lambar yang memiliki program seragam gratis. 

"Kita patut bersyukur dan bangga atas capaian tersebut, Program tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar tanpa dukungan dari seluruh Kepala Perangkat Daerah yang terdapat di Pemkab Lambar," pungkasnya.

Tokoh Masyarakat Pekon Pahayu Jaya, Ustad Ahmad Sugiono mengungkapkan kegiatan pengajian tersebut selain dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah, diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi, ukhuwah Islamiah dan menjalin kekerabatan para jama'ah. 

Sugiono mengapresiasi program-program yang telah dicanangkan Bupati Lambar H. Parosil Mabsus dan Wakilnya Drs. Mad Hasnurin. 

"Kita semua telah merasakan dampak dari program yang telah di canangkan bapak bupati selama ini, seperti bidang infrastruktur mantap jalan di Pekon Pahayu Jaya ini sudah tidak ada lagi yang masih tanah," ujarnya.

"Saya mewakili masyarakat Pagar Dewa khususnya Pekon Pahayu Jaya mengucapkan terimakasih atas dukungan bapak bupati baik moril maupun materil selama ini," tutup Sugiono. (Rls/KN)




Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.