KONKRIT NEWS
25/09/22, 25.9.22 WIB
Last Updated 2022-10-04T04:21:38Z
DaerahPemprov

Buka FORSGI Provinsi Lampung Tahun 2022, Gubernur Arinal: Festival Ini Momentum Penting Mengembangkan Bakat Anak Usia Dini di Bidang Sepakbola

Advertisement

 


Bandar Lampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi  membuka Festival Forum Sepakbola Generasi Indonesia (FORSGI) Provinsi Lampung Tahun 2022, bertempat di Stadion PKOR Way Halim Bandar Lampung, Minggu (25/09/2022).

Festival Forum Sepakbola Generasi Indonesia (FORSGI) yang dilaksanakan pada hari ini, diikuti oleh ratusan anak-anak usia 10 tahun dan usia 12 tahun dari 17 Kabupaten/kota dan 34 tim dari seluruh Kabupaten/kota se Lampung. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan apresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya Festival ini, selain sebagai wahana untuk meningkatkan silaturahmi diantara peserta, juga sebagai wahana untuk menggali potensi minat dan bakat di bidang sepakbola usia dini di Provinsi Lampung. 

Festival FORSGI yang diadakan pada hari ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan serta tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang   secara   jelas    menempatkan   olahraga sebagai sebagai salah satu fokus pembangunan Pemerintah dalam upaya memajukan peradaban dan taraf hidup masyarakat Indonesia.

"Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Lampung akan membangun Sport Center (pusat olahraga) yang akan bertempat di wilayah Bypass, dimana fasilitas semua cabang olahraga akan berpusat disana, termasuk kegiatan bersifat seni seperti kegiatan konser akan bisa dilakukan disana, " Kata Gubernur Arinal

Gubernur menambahkan, bahwa festival ini merupakan momentum penting dalam upaya mengembangkan bakat anak- usia dini khususnya di bidang olahraga sepakbola melalui Forum Sepakbola Generasi Indonesia (FORSGI). 

Melalui festival ini, diharapkan dapat menjadii perwujudan sistem festival dan kompetisi olahraga bagi anak usia dini dalam rangka mewujudkan visi DBON Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia dengan target yaitu 40 % partisipasi aktif siswa berolahraga dan 10 % tingkat kebugaran jasmani siswa dan mahasiswa Indonesia dengan kategori baik di Tahun 2024.

Diakhir sambutannya, Gubernur Lampung menyampaikan dukungan dan harapannya terhadap kegiatan. 

"Saya dukung penuh olahraga, karena olahraga itu sehat. Indonesia akan bangkit apabila anak bangsa cerdas, anak bangsa sehat. Saya berharap akan lahir atlet-atlet sepakbola yang akan mengharumkan nama daerah Lampung baik itu secara nasional maupun internasional." Pungkasnya. 

Disisi lain, Ketua Umum FORSGI Agus Riyanto menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, pihak Talent Scouting FORSGI akan memilih putra-putra terbaik dan akan dibina langsung di Jakarta untuk diikut sertakan untuk mengikuti pergelaran Festival lebih besar lagi di Jakarta pada 21-22 Oktober 2022. 

Agus Riyanto juga melanjutkan bahwa program ini yang menitikberatkan usia 10 tahun dan usia 12 tahun untuk mendukung program Pemerintah dan PSSI. Dari event Nasional nanti akan dipilih 25 anak usia 10 tahun dan 25 anak usia 12 tahun terbaik se-Indonesia untuk dibina di Jakarta.  

Agus Riyanto juga berharap akan ada putra daerah Lampung yang akan masuk dalam 25 anak usia 10 tahun dan 25 anak usia 12 tahun terbaik se-Indonesia yang akan diambil untuk dibina di Jakarta

Forum Sepakbola Generasi Indonesia (FORSGI) ini dibuka secara resmi ditandai pelepasan balon ke udara oleh Gubernur Lampung.

Hadir dalam Acara tersebut,  Forkompimda Provinsi Lampung, serta Kepala Perangkat Daerah terkait dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (*)