KONKRIT NEWS
30/11/22, 30.11.22 WIB
Last Updated 2022-11-30T10:29:58Z
Lampung Barat

Bupati Lambar Hadiri Pelantikan DPC Pemuda Batak Bersatu Periode 2022-2027

Advertisement

 


Lampung Barat - Dibangunnya Lamban Budaya yang diberi nama Lamban Pancasila sebagai bukti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) menjunjung tinggi keberagaman yang ada di masyarakat.

"Setelah diresmikan pada tanggal 24 November Tahun 2022 lalu, lamban budaya ini dipakai untuk perlombaan  nyambai yang merupakan budaya khas suku Lampung, dan hari ini digunakan untuk pelantikan Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Lampung Barat, hal ini sebagai bentuk bahwa NKRI harga mati dan milik bersama," Jelas Bupati.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus saat menghadiri sekaligus menyaksikan langsung pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Batak Bersatu (DPC-PBB) Kabupaten Lampung Barat periode 2022-2027 yang berlangsung di Lamban Pancasila, Rabu 30/11/2022.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lambar Edi Novial, S.Kom, Kepala Perangkat Daerah, Ketua DPC-PBB Kota Metro, Ketua DPC-PBB Pringsewu, Perwakilan Sai Batin Kerajaan Paksi Pak Sekala Bekhak. 

Dalam sambutannya Bupati Lampung Barat, menjelaskan dibangunnya Lamban Pancasila merupakan icon sekaligus simbol perekat masyarakat Lampung Barat. 

Dikatakan Parosil, dibangunnya Lamban Pancasila sebagai tempat atau wadah untuk menyalurkan, mempertahankan dan melestarikan adat istiadat yang ada di Lampung Barat.

“Lamban Pancasila ini maknanya adalah rumah, lamban ini penyebutan kearifan lokal, esensinya untuk menyatukan keberagaman kebudayaan yang ada di Lampung Barat, dengan tidak memandang suku, ras dan agama," Sebut Parosil. 

Lalu, Pakcik sapaan akrabnya bagi Bupati Lampung Barat itu, berpesan kepada PBB harus dapat memberi kontribusi nyata terhadap pembangunan dan kemajuan Lampung Barat. 

Selain itu harus menjadi pemersatu antar umat dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat "jangan sampai PBB Lampung Barat menjadi pemecah, tetapi harus menjadi simbol pemersatu ," Harapnya. 

Kendati, selama ini warga batak sudah memberi warna tersendiri terhadap pembangunan dan kemajuan kabupaten Lampung Barat. 

Ia berpesan kepada DPC-PBB Lampung Barat yang baru saja di lantik agar kedepannya harus menyusun program dalam jangka pendek maupun jangka panjang serta menjalin koordinasi kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. 

Haryono Pakpahan selaku ketua PBB Lampung Barat dalam kesempatan itu, menyampaikan terimakasih kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Barat yang selama ini selalu melibatkan PBB dalam setiap kegiatan.

"Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Forkopimda Lampung Barat selama ini PBB selalu di libatkan setiap ada kegiatan event," Ujarnya. 

Lalu, ia mengakatan organisasi PBB merupakan organisasi yang nasionalis tidak pernah memandang suku, ras dan agama.

Oleh karena itu, Organisasi PBB Lampung Barat siap bersinergi kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat," Paparnya. 

Sementara, ketua PBB Provinsi Lampung Donald Harris Sihotang mengukapkan rasa bangganya, sebab pelantikan DPC-PBB Lampung Barat dilaksanakan di Lamban Pancasila yang merupakan salah satu icon kebanggan Lampung Barat.

"Kalau gak salah Gedung Budaya yang di beri nama Lamban Pancasila ini baru saja di resmikan pada tanggal 24 November lalu pak bupati, dengan dilakukannya pelantikan DPC-PBB di Lamban pacasila, ini suatu bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menjunjung tinggi toleransi, terbuka tidak membeda-bedakan suku, agama masyarakat yang ada di Lampung Barat," Dikatakan ketua PBB Provinsi Lampung ketika sambutan. 

Dirinya meminta kepada PBB yang berada di Lampung Barat, agar kedepannya dapat menunjukkan kontibusi kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam rangka memajukan Lambar. 

Ia berpesan kepada perurus PBB Lampung Barat yang baru saja di lantik agar kedepannya dapat menjalin koordinasi yang baik kepada seluruh anggota. 

"Terkhusus kepada ketua PBB terpilih saya minta pelajari Visi dan Misi dari organisasi PBB agar mengetahui tujuan berdirinya organisasi ini," Pintanya. 

Untuk diketahui, Pelantikan DPC-PBB Lampung Barat di lakukan langsung oleh ketua PBB Provinsi Lampung Donald Harris Sihotang ditandai dengan penyerahan bendera pataka kepada ketua PBB Lampung Barat Haryono Pakpahan. 

Berikut nama-nama yang DPC-PBB Lampung Barat yang dilantik :

Dewan Pembina : Forkopimda kabupaten lampung barat.

Dewan penasehat : 

Ronggor L. Tobing. 

H. Simarmata. 

T. Situmeang.

Ramot Simanjuntak.

Dewan kehormatan:

pengurus. 

Ketua DPC : Haryono Pakpahan. 

Wakil Ketua : 

Lamber Situmorang. 

Efendi Hutagaol. 

Efendi Tarigan.

Miftahul Alimi Rambe. 

Sekretaris : Harianja. 

Wakil Sekretaris : Barita Pakpahan. 

Bendahara : Dwi Wijayaningsih Gultom. 

Wakil Bendahara: Hamonangan Hutabarat. (Indra/KN)