KONKRIT NEWS
20/11/22, 20.11.22 WIB
Last Updated 2022-11-20T14:25:23Z
Daerah

Dipastikan Hadir Di MUNAS XI KAHMI di Palu, MD KAHMI Tanggamus Bawa Isu Strategis Pembangunan Kawasan Industri Maritim Teluk Semaka

Advertisement

 


Lampung - Empat belas Majelis Daerah KAHMI Kabupaten Kota se Provinsi Lampung, termasuk Majelis Wilayah KAHMI Provinsi dipastikan akan mengikuti Musyawarah Nasional (MUNAS) ke_XI KAHMI di kota Palu pada tanggal 24-27 November 2022 mendatang.

Sejumlah agenda dan isu kedaerahan akan dibawa oleh masing masing delegasi ke forum Munas tersebut, tak terkecuali Majelis Daerah (MD) KAHMI Kabupaten Tanggamus sendiri. MD KAHMI Kabupaten Tanggamus dalam perhelatan munas ke XI KAHMI kali ini akan hadir membawa isu strategis pembangunan daerahnya, diantaranya terkait kelanjutan pembangunan kawasan industri maritim yang ada di teluk semaka Kabupaten Tanggamus, dimana isu pembangunan kawasan maritim Teluk semka ini sudah bertahun tahun tidak ada progres yang signifikan. 

Padahal industri kawasan maritim teluk semaka ini jika terwujud bisa menyerap ribuan tenaga kerja pada kawasan industri tersebut. Jika bisa menyerap ribuan tenaga kerja tentunya akan menghilangkan ribuan anak muda yang tidak bekerja alias pengangguran, artinya kehadiran industri maritim teluk semaka ini sangat diharapkan oleh masyarakat kabupaten Tanggamus. 

Selain akan membawa isu kelanjutan pembangunan kawasan industri maritim teluk semaka juga delegasi MD KAHMI Tanggamus akan mendorong isu pembangunan pelabuhan Penyangga Pelabuhan Angkutan Penumpang dan Barang Dermaga kota Agung, mengingat perairan laut teluk semaka Tanggamus merupakan jalur perlintasan sumatra – jawa (padang, Bengkulu, Banten dan pulau jawa).

Selain membawa dua isu strategis pembangunan kwasan maritim di atas, Delegasi MD Kahmi Tanggamus juga akan membawa isu pengembangan kawasan pariwisata mengingat potensi alam di Kabupaten Tanggamus begitu kaya potensi wisata baik wisata pesisir pantai maupun potensi wisata alam pegunungan hal ini sangat memungkinkan untuk menjadi kabupaten tujuan wisata yang ada di provinsi lampung maupun di Pulau Sumatra, MD KAHMI Tanggamus akan ikhtiar mendorong pengembangan industri maritim dan industri pariwisata di Kabupaten Tanggamus Melalui forum Munas Ke-XI KAHMI di Kota Palu mendatang.

Koordinator Presidium MD KAHMI Tanggamus Refki, SH yang didampingi sekretaris umum Syolahuddin,S.Pd.I, mengatakan ada beberapa isu strategis lainnya yang akan disampaikan di arena Munas ke XI KAHMI mendatang, Isu-isu tersebut telah teridentifikasi melalui forum-forum diskusi MD KAHMI Kabupaten Tanggamus. 

" Dari jauh jauh hari MD KAHMI Kabupaten Tanggamus sering menggelar forum-forum diskusi dan kajian yang bertujuan untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan daerah yang ada di Kabupaten Tanggamus. Hasil identifikasi persoalan-persoalan tersebut, kemudian kami kompilasi jadi satu untuk disampaikan ke pihak-pihak terkait di Forum Munas KAHMI mendatang."  Ucap Korpres Refki.S.H.

Ditempat yang sama, Syolahuddin,S.Pd.I selaku Sekretaris Umum MD KAHMI Tanggamus, menuturkan bahwa KAHMI bukan hanya lembaga yang berbasis Keislaman semata, akan tetapi KAHMI juga dengan kemampuan keilmuan, intelektualitas para anggotanya juga dituntut untuk berkontibusi baik secara pemikiran, ide, gagasan dan karya karya nyata dalam membangun daerahnya, Syolahuddin berharap berbagai isu atau .ersoalan yang menjadi catatan kritis para KAHMI daerah seyogyanya menjadi poin penting yang dibahas dalam forum nasional tersebut. 

 “Munas KAHMI itukan ajang lima tahunan to, tempat berkumpulnya para alumni HMI dari seluruh Indonesia dan berbagai profesi juga berbagai disiplin ilmu, tentunya Kita tidak melulu membahas persoalan internal kelembagaan semata, tetapi berbagai problematika di daerah harapannya tidak luput untuk diangkat menjadi isu nasional. Harapan kita (KAHMI Daerah.red), ide dan gagasan mendorong pembangunan daerah juga menjadi gerakan bersama KAHMI secara nasional,” tandas Ketum  HMI Tarbiyah Raden Intan Tersebut. 

Ditambah Dia, dari 14 Majelis Daerah (MD) se-Provinsi Lamung dan 1 Majlis Wilayah (MW) pemilik suara, seluruhnya dipastitikan akan berangkat ke Kota Palu Sulawesi Tengah. Harapannya, dengan kehadiran kita di sana bisa membawa sejumlah isu keumatan dan isu-isu daerah lainnya, Karena di arena Munas nanti diperkirakan ribuan orang yang akan hadir disana. Pelaksanaan Munas Ke- XI KAHMI rencana akan dihelat pada 24-27 November. 

" Kegiatan yang akan dibuka Presiden Joko Widodo ini juga dirangkai dengan Munas FORHATI. Selain Presiden Joko Widodo, sejumlah menteri juga dipastikan akan hadir di sana. Ajang munas ini merupakan forum untuk memilih komposisi Presidium Majelis Nasional (MN) sekaligus melakukan perbaikan internal organisasi. Sejumlah tokoh nasional diprediksi akan berkompetisi diajang tersebut."Tutup Sekum MD KAHMI Tanggamus. (*)