KONKRIT NEWS
19/08/23, 19.8.23 WIB
Last Updated 2023-09-12T14:23:23Z
Unila

LP2M Unila Gelar Workshop Penting tentang Aplikasi SINTA dan GARUDA

Advertisement


Bandar Lampung - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (Unila) mengadakan Workshop Pengelolaan Aplikasi SINTA dan GARUDA yang berlangsung di Hotel Rodisson Lampung pada Sabtu, 19 Agustus 2023.

Workshop ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan Aplikasi SINTA dan GARUDA dalam dunia akademik dan penelitian.


Aplikasi SINTA (Science and Technology Index) adalah alat yang penting dalam mengukur kinerja akademik dan penelitian dosen dan peneliti di Indonesia. SINTA mencatat dan mengklasifikasikan publikasi ilmiah, serta berperan dalam penugasan Beban Kerja Dosen (BKD) dan penilaian angka kredit dosen.


Dalam sambutannya, Ketua Sentra Publikasi LPPM Unila, Dr. Eng. Lukmannul Hakim, S.T., M.Sc., berharap, “Dengan adanya workshop ini, harapan saya kita dapat memperbaiki data-data yang telah ada serta mendapatkan bimbingan dari narasumber pada hari ini sehingga memberikan kebaikan untuk Unila ke depannya.”


Sementara itu sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Ketua LPPM Unila, Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., menekankan pentingnya Aplikasi SINTA bagi institusi.

“SINTA penting bagi institusi karena SINTA menjadi parameter untuk klasterisasi perguruan tinggi berbasis kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta rekrutmen reviewer penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.” ungkapnya.


Dalam workshop ini menghadirkan dua narasumber yang memberikan materi penting tentang kedua aplikasi ini.


Materi pertama yang disampaikan membahas cara pengelolaan Aplikasi SINTA, termasuk klasifikasi jurnal berdasarkan tingkat internasionalitasnya.


Materi selanjutnya menjelaskan pentingnya Aplikasi GARUDA, yang memberikan akses terbuka ke berbagai sumber informasi ilmiah, tesis, disertasi, dan buku elektronik.


Jurnal SINTA sendiri memiliki tiga tingkat klasifikasi, yakni:
– SINTA 1 dan 2 akan menjadi tingkat Internasional
– SINTA 3 dan 4 tingkat Domestik
– SINTA 5 dan 6 tingkat Lokal


Workshop ini diharapkan akan memberikan peserta pemahaman yang lebih baik tentang Aplikasi SINTA dan GARUDA, serta membantu mereka dalam meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah di Unila.